92 Persen Aduan Masyarakat di Layanan Lapor Bupati Tegal Ditindaklanjuti, Ini Totalnya
Kepala Bagian Prokompin Setda Tegal, Hari Nugroho tengah memberikan paparan seputar lapayanan lapor bupati di Forum Konsultasi Publik pada 3 Oktober 2025-radar tegal-Poto : doc. Prokompin Kab. Tegal
SLAWI, radartegal.com – Sepanjang tahun 2023 hingga 2025 ini, layanan lapor Bupati Tegal telah menerima sejumlah 1.940 pengaduan masyarakat. Aduan berupa keluhan dan laporan terkait penyelenggaraan pelayanan publik tersebut disampaikan warga melalui berbagai sejumlah kanal layanan pengaduan yang disediakan seperti aplikasi android, Whatsapp hingga media sosial Humas Pemkab Tegal.
Keluhan dan laporan warga tersebut didominasi oleh aduan tentang jalan rusak yakni antara 20 hingga 30 persen. Disusul persampahan, gangguan ketenteraman dan ketertiban, lampu penerangan jalan umum, bantuan sosial, dan administrasi kependudukan.
Demikian disampaikan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Hari Nugroho, pada Forum Konsultasi Publik (FKP) yang digelar di Ruang Rapat Gedung C Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Tegal, Jumat 3 Oktober 2025.
Hari mengungkapkan, dari semua laporan yang masuk, sedikitnya 92 persen dapat direspon dan ditindaklanjuti dengan baik. Sementara sisanya masih dalam proses dan sebagian lagi memang tidak dapat ditindaklanjuti karena ketiadaan data dukung atau informasi dari warga pelapor yang tidak lengkap.
BACA JUGA: Aplikasi Daring Lapor Bupati Tegal versi 4.0 Diresmikan
BACA JUGA: Aplikasi Lapor Bupati Tegal Versi 4.0 Terbaru Diluncurkan, Ischak: Feedback Penting
Sejatinya, pengelolaan layanan pengaduan masyarakat sudah dimulai sejak tahun 2016 melalui aplikasi SMS di nomor 0856 0008 0709. Namun seiring bergesernya media komunikasi layanan melalui SMS tersebut dinonaktifkan dan digantikan dengan layanan melalui aplikasi Whatsapp dengan nomor yang sama.
“Seiring bergesernya media komunikasi di masyarakat, layanan pengaduan melalui SMS sudah lama kita nonaktifkan. Sebagai gantinya kita ada Whatsapp dengan menggunakan nomor yang sama,” ujarnya.
Layanan pengaduan ini terus dikembangkan dengan diluncurkannya aplikasi android Lapor Bupati Tegal versi 1.0 sejak tahun 2018 yang kini sudah memasuki versi 4.0.
Selain melalui kanal aplikasi android Lapor Bupati Tegal versi 4.0, warga juga bisa mengaksesnya melalui laman laporbupati.tegalkab.go.id. Di versi terbarunya ini, pihaknya telah menyiapkan 26 kategori dengan 163 sub kategori yang harus dipilih warga pelapor untuk memudahkan penerusan pesannya ke PIC atau person in charge di setiap organisasi perangkat daerah dan institusi terkait.
BACA JUGA: 54 Instansi Terhubung dengan Layanan Lapor Bupati Tegal, Mana Saja?
BACA JUGA: 743 Pengaduan Masyarakat Masuk Lewat Kanal Lapor Bupati Tegal, Proporsi Penyelesaian 97 Persen
Hari menjelaskan, upaya pembaruan layanan pengaduan masyarakat terus dilakukan sebagai bagian dari komitmen pemerintah daerah sebagai penyelenggara pelayanan publik yang terbuka terhadap kritik, saran dan masukan dari warga.
“Melalui forum ini kami membuka diri untuk mendapat masukan dari bapak, ibu agar layanan laporbup ke depan semakin prima. Kami juga terus memperbarui infrastruktur dan sistem layanan hingga penugasan PIC yang kompeten supaya penyelesaian pengaduan berjalan lebih cepat dan tuntas,” ucap Hari.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:


