Hari Kesaktian Pancasila 2024, Warga SMPIT Luqman Al Hakim Slawi Diajak Belajar Sejarah

Rabu 02-10-2024,13:10 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Khikmah Wati

SLAWI, radartegal.com - Hari Kesaktian Pancasila, warga SMP Islam Terpadu Luqman Al Hakim Slawi Kabupaten Tegal belajar sejarah. 

Dalam Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Kepala SMPIT Luqman Al Hakim Slawi Anita Triyastuti S.Si bertindak selaku pembina upacara menyinggung kejadian 59 tahun silam. 

Bermula dari kejadian saat terdapat kelompok gerakan yang ingin merobohkan Pancasila.

Kelompok ini bernama Partai Komunis Indonesia (PKI). 

"Gerakan yang terkenal dengan sebutan Gerakan 30 September (G-30 S/PKI) ini tidak berhasil menumbangkan Pancasila yang merupakan ideologi Bangsa Indonesia," ujarnya.

BACA JUGA: Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 Digelar, Ini Pesan Pj Walikota Tegal

BACA JUGA: Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pj Gubernur Jateng Ingatkan Persatuan dan Kesatuan di Tahun Politik

Menurutnya, kebanggaan dan penghargaan setinggi-tingginya bangsa Indonesia terhadap Pancasila, diwujudkan dengan diselenggarakannya upacara bendera di setiap instansi dan sekolah baik negeri maupun swasta. 

Begitu juga dengan SMPIT Luqman Al Hakim Slawi yang mencurahkan kebanggaan dan penghormatan terhadap ideologi bangsa Indonesia ini dengan mengadakan upacara dalam memperingati hari Kesaktian Pancasila.

Upacara tersebut diikuti oleh seluruh peserta didik dan civitas akadamika SMPIT Luqman Al Hakim Slawi.

Sedikitnya 360 orang dengan penuh hikmat pada hari Selasa, 1 Oktober 2024 mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila di lapangan SMPIT Luqman Al Hakim. 

BACA JUGA: Hari Kesaktian Pancasila, Habib Rizieq Serukan Umat Islam Nobar Film G30S PKI

BACA JUGA: Perkuat Nilai Pancasila, Konjen RI Hamburg Sambut BPIP dan MPR

Atas izin Allah SWT, lewat patriotisme pahlawan revolusi yang berjuang jiwa dan raga dapat mempertahankan ideologi Pancasila. 

Salah satu makna penting dari peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini adalah sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang gugur dalam usaha mempertahankan ideologi Pancasila. 

Kategori :