2 Pengemudi Angkutan Umum Wakili Kabupaten Tegal Maju ke Pemilihan Abdiyasa Teladan

Rabu 17-07-2024,15:57 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Khikmah Wati

SLAWI, radartegal.id - Dalam upaya membangun dan mewujudkan budaya keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, pemerintah menggelar Pemilihan Abdiyasa Teladan. Dua pengemudi angkutan umum bakal mewakili Kabupaten Tegal di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Untuk tahun ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tegal akan mengirimkan Ali Topan yang merupakan pengemudi angkutan  bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Trayek Tegal – Bumiayu Koperanda Kabupaten Tegal serta Udi Doyo pengemudi Angkutan Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Trayek Slawi – Jakarta PT.Sinarjaya.

Mereka akan bertanding dengan perwakilan 34  kabupaten/ kota lainnya untuk memperebutkan Juara 1,2 dan 3 Pemilihan Abdiyasa Teladan. Maksud penyelenggaraan kegiatan Abdiyasa Teladan adalah untuk mendudukkan insan awak kendaraan umum sejajar dengan insan pembangunan lainnya.

"Dengan cara meningkatkan motivasi melalui pemberian penghargaan terhadap profesi awak angkutan," ungkap Kepala Dinas Perhubungan Muhammad Budi Eko Setyawan melalui Kasi Angkutan dan Terminal Agil Suprayogi, Rabu, 17 Juli 2024. 

BACA JUGA: Maraknya Odong-odong di Bumiayu Diprotes, Dishub dan Polisi Mediasi Pemilik dan Kru Angkudes

BACA JUGA: Gencarkan Edukasi Selektif Pilih Armada Bus Pariwisata, Dishub Kabupaten Tegal Beri Batas Usia

Tujuan dari kegiatan ini untuk mengubah pola pikir dan sudut pandang tentang diri dan profesi sebagai awak kendaraan angkutan umum. Sehingga mendorong dirinya untuk lebih percaya diri dan merasa dihargai.

Serta dapat meningkatkan kesadaranakan pentingnya keselamatan diri, keselamatan penumpang dan pemakai jalan lainnya. Hal in sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Agil menyatakan kegiatan Pemilihan Abdiyasa Teladan ini sebagai salah satu upaya untuk memberikan penghargaan kepada pengemudi angkutan umum. Beberapa hal yang diujikan antara lain adalah ujian tertulis pengetahuan berlalu lintas dan Jasa Raharja. 

Lalu pelayanan prima dan aturan hukum (knowledge and rules) dan wawancara yang meliputi penilaian perilaku (attitude) pengemudi angkutan umum, spirit/motivasi dan pengetahuan  teknis dalam mengemudi.

BACA JUGA: Tips Pilih Angkutan Pariwisata yang Aman Ala Dishub Kabupaten Tegal

BACA JUGA: Tiang PJU di Kabupaten Tegal Roboh Usai Dihajar Tronton, Ini yang Dilakukan Dishub

Pelaksanaan Pemilihan Abdiyasa Teladan di Tingkat Provinsi akan dilaksanakan pada 23 sampai 24 Juli 2024 mendatang di Semarang. 

Kategori :