Hal Makruh yang Harus Dihindari saat Berpuasa, Agar Ibadah Makin Berkah

Rabu 13-03-2024,10:15 WIB
Reporter : Friska Indah Mauludiba
Editor : Khikmah Wati

RADAR TEGAL – Beragam macam hal dipersiapkan untuk mengisi bulan suci Ramadhan. Namun, sudahkah Anda mengetahui hal makruh yang harus dihindari saat berpuasa?

Tentunya umat muslim harus tahu apa-apa saja hal makruh yang harus dihindari agar ibadah yang dijalankan tidak sia-sia. Kira-kira apa saja ya?

Hukum makruh sendiri adalah sesuatu yang jika dilakukan akan mengurangi kualitas puasa kita. Saat berpuasa, ingatlah hal makruh yang harus dihindari karena dapat mengurangi pahala puasa.

Pastinya puasa itu bukanlah sekedar menahan diri dari rasa haus dan lapar. Namun juga menjauhi hal makruh yang harus dihindari seperti berkata dusta dan menyakiti orang lain.

BACA JUGA: Jangan Lakukan, 9 Hal yang Dapat Membatalkan dan Mengurangi Pahala Puasa

10 Hal makruh yang harus dihindari saat puasa Ramadhan

1. Memandang Istri atau Wanita Berlama-lama

Ketika memandang istri atau wanita terlalu lama dikhawatirkan dapat membangkitkan nafsu syahwat. Untuk mencegahnya, sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan puasanya rusak.

2. Berkumur Berlebihan

Mungkin Anda sudah mengetahui jika kegiatan berkumur termasuk hal makruh yang harus dihindari saat berpuasa.

Berkumur saat melakukan wudu sebenarnya diperbolehkan saat berpuasa. Namun berkumur berlebihan termasuk dalam hal makruh yang harus dihindari ketika sedang puasa.

Hukum makruh ketika berkumur berlebihan saat puasa didasarkan pada sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Laqith bin Shabrah:

BACA JUGA: Puasa Sehari Bisa Menghapus Dosa Setahun! Yukk Besok Puasa Sunah Asyura 9 dan 10 Muharam, Berikut Keutamaannya

”Bersungguh-sungguhlsh dalam berkumur dan menghirup air ke hidung, kecuali jika engkau sedang berpuas.”

Jika ada setetes air kumur yang masuk ke perut secara sengaja, maka menurut ijtimak ulama puasanya batal dan harus mengganti puasanya.

3. Menggunjing (Ghibah)

Kegiatan ghibah, bergosip, atau menggunjing merupakan perbuatan buruk dan hukumnya makruh saat puasa Ramadhan. Perbuatan ini biasanya dilakukan secara tidak sadar.

Sejatinya, kegiatan ini perlu dihindari juga walaupun bukan pada bulan Ramadhan. Hal ini tidak diperkenankan karena dapat menyakiti hati seseorang dan menimbulkan dosa yang lebih banyak.

BACA JUGA: Rekomendasi Tempat Cozy di Daerah Tegal, Pas Buat Ngabuburit Sambil Nunggu Buka Puasa

Mereka yang suka bergosip diibaratkan seperti memakan bangkai saudaranya sendiri.

4. Tidur Berlebihan

Di dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa tidurnya orang yang sedang berpuasa adalah ibadah. Namun banyak yang menyalah artikan hadis tersebut.

Bukan berarti orang yang berpuasa boleh bermalas-malasan dengan tidur seharian. Maksud dari hadis tersebut adalah tidur di waktu puasa lebih baik dari pada melakukan hal terlarang yang dapat membatalkan puasa.

Sesungguhnya, Allah SWT membenci segala sesuatu yang dilakukan berlebihan. Begitu pula dengan tidur berlebihan saat puasa Ramadhan.

BACA JUGA: Persiapan Ramadhan, 7 Daftar Menu Buka Puasa yang Sehat dan Cegah Diabetes

5. Mencicipi Makanan

Menurut pendapat sebagian ulama, mencicipi makanan sampai tertelan termasuk dalam hal makruh yang harus dihindari agar tidak membatalkan puasa.

Namun, hukumnya tidak makruh apabila mencicipi makanan tidak sampai tertelan.

6. Menyikat Gigi

Sebenarnya, menyikat gigi diperbolehkan asal tidak ada air atau odol yang masuk ke tenggorokan. Namun, ada baiknya berhati-hati menyikat gigi saat berpuasa.

Karena apabila ada sedikit air maupun odol yang masuk ke tenggorokan walaupun tidak disengaja, puasanya tetap batal.

BACA JUGA: 7 Bahaya Makan Mie Instan saat Sahur, Sebaiknya Hindari Agar Puasa Gak Batal

7. Membayangkan Hal Jorok Berkaitan dengan Jimak

Berfantasi, memikirkan, atau membayangkan masalah jimak termasuk hal makruh yang harus dihindari. Lantaran, hal tersebut dapat membatankan puasa jika dilakukan.

8. Berenang

Mengapa berenang hukumnya makruh? Karena bukan tidak mungkin bila ada air yang masuk walau sedikit saat berenang.

Masuknya air ke dalam tubuh bisa melalui hidung, mulut, atau lubang-lubang tubuh lainnya.

9. Mengumpulkan Ludah dan Menelannya

Kebiasaan seseorang mengumpulkan ludah dan menelannya ternyata masuk dalam kategori makruh. Begitu juga perbuatan menelan dahak.

BACA JUGA: Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1445 H untuk Tegal, Brebes dan Slawi, Hari Pertama dan Kedua Puasa

Meskipun ludah dan dahak berasal dari dalam tubuh, tetapi sesuatu yang masuk ke dalam kerongkongan kemudian ditelan merupakan hal makruh saat puasa.

10. Melakukan Bekam

Apabila bekam dilakukan saat puasa, membuat tubuh menjadi lemah. Namun, jika tidak memberikan dampak yang membuat tubuh menjadi lemah, maka diperbolehkan melakukan bekam saat puasa.

Kesimpulan

Setelah mengetahui 10 hal makruh yang harus dihindari saat sedang puasa, tentu kita berharap selama 1 bulan berpuasa mendapatkan banyak berkah.

Karena Ramadhan adalah bulan yang tepat untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Jadi, pastikan Anda melalui bulan ini dengan memperhatikan hal yang disunnahkan dan menghindari hal yang membatalkan serta dimakruhkan.  Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :