Efek BBM Tidak Isi Full Tank, Timbulnya Karat di Tanki dan Mesin Sulit Dihidupkan

Minggu 15-10-2023,21:45 WIB
Reporter : Suryatiningsih
Editor : Suryatiningsih

RADARTEGAL-  Performa mesin tidak  prima pada kendaraan bermotor bisa jadi efek BBM tidak isi full tank.  Isi BBM kendaraan baik motor maupun mobil tidak harus   menunggu jarum   indikator panel   menunjuk ke garis merah.

Apalagi   sampai tangki kosong tidak   ada sama sekali   isinya yang memberi pengaruh besar kinerja mesin dalam jangka panjang. Lalu apa sebenarnya efek BBM   tidak isi full tank?

Berkendara  memang mengasyikkan tetapi terkadang ada kebiasaan tanpa disadari memicu kerusakan dari efek   BBM tidak  isi full tank.  Hal itu akan memicu kerusakan pada mobil dalam jangka panjang. Bahkan bisa merambat mesin rusak total  dan masalah lainnya berikut penjelesannya

Tangki BBM Alami Karat

Salah satu efek BBM   tidak isi full tank paling menonjol  adalah munculnya   karat dalam tangki  BBM.  Hal tersebut bisa   terjadi lantaran tanki lama kosong tidak terisi penuh sehingga memicu penguapan.

BACA JUGA:Terbaru! Daftar Harga Mobil Bekas City Car dan MPV Hanya Rp70 Jutaan

Bukan hanya masalah penguapan saja sumber  dari karat pada dindng melainkan juga adanya embun  yang terus menempel lama kelamaan  menimbulkan karat.

Pastikan Tidak Sampai Meluber                              

Walaupun disarankan mengisi BBM sampai penuh bukan berarti  saat  mengisinya meluber melebihi dari kapasitas tanki.  Jika ketika pengisian BBM meluber akan  memicu kebakaran apabila   bersentuhan dengan percikan api.   Jadi pastikan isi bensin hingga penuh sesuai anjuran jangan berlebihan.

Mesin  Kendaraan Sulit Dihidupkan

Efek BBM   tidak isi full tank paling fatal yang akan terlihat nyata adalah mesin kendaraan bermotor sulit dihidupkan.  Kondisi tersebut terjadi kapasitasnya kurang dari setengah ttanki BBM yang membuat volume udara terperangkap jauh lebih   banyak.

Volume udara yang terperangkap adanya ruang kosong sehingga  membuat temperatur, juga timbul perbedaan makan masalah embun pada tanki tidak bisa dihindari.  Ketika berada  di daerah daratan tinggi, hati-hati saat memakirkan kendaraan bermotor, karena potensi embun lebih tinggi efek BBM tidak isi full tank.

BACA JUGA:Resiko Fatal Akibat Telat Ganti Kampas Rem Motor yang Aus, Bisa Merusak Piringan Rem?

Udara di kawasan dataran tinggi lebih basah dan berkabut kemungkinan kontaminasi dengan embun air cukup besar.  Jika   seperti itu terus berlangsung   akan mempengaruhi kualitas BBM semakin buruk secara langsung menyebabkan mesin mobil sulit dihidupkan

Manfaat BBM Isi Full Tank

Begitu beragam efek BBM tidak isi full tank memicu tidak hanya tangki berembun sampai kerusakan mesin.  Itulah mengapa wajib isi full tank BBM lantaran kebiasaan seperti   demikian memberi pengaruh maupun manfaat pada kinerja mesin.

Cegah Berkarat dan  Minimalisir Performa

Ketika mengisi BBM full tank ada beberapa manfaat salah satunya mencegah tanki berkarat lantaran dan meminimalisir performa mesin lebih stabil.  Dengan cara mengisi full tank BBM semua masalah  pada performa mesin hingga karat di tangki  dapat  dikurangi.

BACA JUGA:3 Tips Memilih Busi yang Benar dan Rekomendasi Terbaiknya, Ampuh Optimalkan Akselerasi Mobil

Kendaraan roda empat   yang sudah lama dibeli dan berumur biasanya rentan terhadap masalah karat, jika dibiarkan terus kemungkinan besar karat-bahan bakar   akan tercampur.

Karat Bensin Sumbat  Karburator dan Sistem Injeksi

Apabila sudah seperti ini bisa saja  menyumbat karburator. Kemudian bukan sampai  di situ saja. Lebih berbahaya lagi serpihannya  juga memberi pengaruh  pada sistem  injeksi mobil.

Serpihan karat telah tercampur juga tidak kalah membahayakan mesin ketika menutup sistem injeksi maupun karburator.  Maka yang terjadi  aliran bahan bakar memicu tidak   lancar ke saluran mesin pembakaran, selanjutnya kinerja mesin tersendat-sendat bahkan tidak bisa dihidupkan sama sekali.

Cegah Tangki BBM Berembun

Kebiasaan mengisi BBM full tank ada manfaat lain yang diperoleh yakni mencegah dinding tangki berembun.  Karena rutinitas membiarkan kosong dalam waktu tertentu udara akan masuk ke dalam  tangki kemudian berubah menjadi air.

Air yang menempel pada dinding tangki BBM lama-lama akan menetes  ke bahan bakar minyak bercampur  dengan bahan bakar.

BACA JUGA:Deretan Mobil Mewah Murah di Indonesia yang Siap Mejeng dan Mengaspal, Kamu Juga Bisa Beli kok

Kalau seperti ini  terus terjadi tentu membahayakan mesin akibat kualitas bahan bakar. Hal ini akhirnya mempengaruhi proses pembakaran apabila nanti terisap ke ruang bakar.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai efek BBM   tidak isi full tank dari tangki BBM berkarat hingga mesin mengalami kerusakan.

Kesimpulan

Memiliki kendaraan roda empat memang mengasyikkan. Karena kita bisa bepergian bersama keluarga, tetapi tetap mengisi BBM full tangki.

Jika tidak akan terjadi efek mengejutkan pada kendaraan. Mulai dari tangki berkarat, mesin rusak bahkan mesin tidak dapat  dihidupkan.

Efek BBM tidak full tank luar biasa mempengaruhi performa mesin sehingga penting mendapatkan perhatian kalau ingin kendaraan tetap   awet tahan lama. (*)

Kategori :