Ternyata Candi Sebuah Peninggalan Kerajaan, Berikut Misteri Candi Dieng: Ada Apa di Tempat Ini?

Selasa 15-08-2023,21:42 WIB
Reporter : Teguh Ikhmal Bakhtiar
Editor : Teguh Ikhmal Bakhtiar

RADAR TEGAL-Dieng merupakan salah satu kawasan yang memukau di Jawa Tengah. Namun, ada sebuah misteri candi Dieng yang ada di tempat itu.

Sebuah misteri tentunya sangat menarik untuk kita pecahkan. Apalagi hal tersebut tentang misteri candi Dieng yang punya sejuta cerita.

Melansir dari Perpunas RI, konon misteri candi Dieng ini masih belum terpecahkan. Namun, perkiraan pembangunan candi ini berada pada masa Wangsa Sanjaya.

Apa saja cerita yang ada di dalam kisah ini? Baca artikel ini sampai selesai.

pada artikel ini radartegal.disway.id akan menjelajahi tentang misteri candi Dieng. Sebelumnya, coba baca artikel Misteri Gunung Merbabu: Setan Gendong, Wanita Misterius, dan Sosok Macan Gaib di situs yang terpercaya ini.

Misteri Candi Dieng yang perlu kamu tahu

Melansir dari Youtube ASAL USUL, menjelaskan tentang misteri yang ada pada tempat ini.

Candi Dieng adalah sebuah candi yang terletak di Wonosobo, Jawa Tengah. Konon, candi ini adalah peninggalan dari kerajaan kalingga.

Sama seperti candi yang lainnya, candi ini juga orang gunakan untuk pemujaan. Pada zaman dahulu, penemu candi ini adalah tentara dari Britania, inggris.

BACA JUGA:Pernah Jadi Lokasi Syuting Film 5 Cm, Ini 6 Mitos Danau Ranu Kumbolo, Ada Sosok Dewi yang Muncul saat Purnama

Penemuan candi ini pada tahun 1814 Masehi. Penemuan ini ketika terdapat kunjungan dari tentara Britania, Inggris yang melihat candi yang sudah runtuh dan berada di tengah danau.

Akan tetapi, pada tahun 1856, terdapat seorang fotografer dari Belanda yang ingin mengabadikan dan meneliti. Hal ini adalah sebuah perintah dari Pemerintah Belanda.

Fotografer itu adalah orang yang pemerintah Belanda tunjuk untuk menjadi pemimpin proyek ini. Selain menjadi fotorgrafer, ia juga ahli sebagai pengukir.

Penemuan awal candi

Menurut Sang fotografer, perkiraan awalnya ada sekitar 400 candi yang berdiri. Akan tetapi, saat ini hanya ada sekitar 8 candi saja yang berdiri.

Menariknya, penemuan candi ini diberi nama sesuai dengan nama pahlawan dari Mahabharata. Saat ini banyak pengunjung yang datang dan menikmati candi ini.

BACA JUGA:Mitos 10 Jenis Pangkon atau Titik Kelemahan Orang Jawa yang Memiliki Konsekuensinya Masing-masing

Kategori :