10 Provinsi Terkaya di Indonesia, DKI Jakarta Menduduki Posisi Pertama

Senin 17-07-2023,19:20 WIB
Reporter : Ameilia Hera Lusiana
Editor : Ameilia Hera Lusiana

Kalimantan Utara memiliki sumber daya alam, seperti minyak bumi, gas alam, batu bara, dan energi baru terbarukan. Pemanfaatan sumber daya alam yang baik membuat Kalimantan Utara memiliki PDRB yang tinggi dan berada di posisi ketiga provinsi terkaya di Indonesia.

4. Riau

Posisi keempat ditempati oleh Provinsi Riau dengan PDRB perkapita sebesar 149.914.000 atau sekitar 9.990 US Dollar, sedikit lebih besar dari PDB perkapita negara guinea khatulistiwa, yaitu 9.780 US Dollar.

Riau memiliki sumber daya alam yang berupa minyak dan gas bumi di bidang pertambangan, karet dan kelapa sawit di bidang perkebunan, serta memiliki sumber daya alam di bidang pertanian dan perikanan. Banyaknya sumber daya alam di berbagai bidang bidang tersebut, tidak heran Riau bisa menduduki posisi keempat provinsi terkaya di Indonesia. 

5. Kepulauan Riau

Posisi kelima ditempati oleh Provinsi Kepulauan Riau dengan PDRB perkapita sebesar 141.683.000 atau sekitar 9.450 US Dollar, mendekati PDB perkapita negara Brazil, yaitu 9.670 US Dollar. 

Kepulauan Riau memiliki kekayaan sumber daya alam yang berupa minyak dan gas bumi, batubara, pasir besi, bijih timah, bijih tembaga, dan masih banyak yang lainnya.

Hasil tambang yang dimanfaatkan dengan baik membuat Kepulauan Riau memiliki PDRB yang tinggi dan menduduki posisi kelima provinsi terkaya di Indonesia.

BACA JUGA:Lucu Banget! Ini 10 Nama Desa Unik di Indonesia, Nomor 1 Bikin Merinding  

6. Sulawesi Tengah

Posisi keenam ditempati oleh Provinsi Sulawesi Tengah dengan PDRB perkapita sebesar 105.545.000 atau sekitar 7.040 US Dollar, hampir setara dengan PDB perkapita negara Albania, yaitu 7.060 US Dollar.

Sulawesi Tengah memiliki potensi unggulan di berbagai bidang, seperti perkebunan, kehutanan, pertanian, kelautan, dan industri.  Sehingga tidak heran jika Sulawesi Tengah memiliki PDRB yang tinggi dan menduduki posisi keenam provinsi terkaya di Indonesia.

7. Papua Barat

Posisi ketujuh ditempati oleh Provinsi Papua Barat dengan PDRB perkapita sebesar 82.318.000 atau sekitar 5.490 US Dollar, hampir sama dengan PDB perkapita negara Suriname, yaitu 5.560 US Dollar.

Walaupun Papua Barat memiliki PDRB yang tinggi, ternyata penduduk Papua Barat masih banyak yang mengalami kemiskinan. Padahal, Papua Barat memiliki potensi unggulan di berbagai bidang, seperti pertanian, pertambangan, hasil hutan, dan pariwisata.

Jika potensi tersebut dimanfaatkan dengan maksimal, maka Papua Barat akan terus berkembang dan tidak ada lagi penduduk yang mengalami kemiskinan di Papua Barat.

Kategori :