Satu Pulau Dua Negara, Ini 10 Fakta Menarik Pulau Sebatik

Satu Pulau Dua Negara, Ini 10 Fakta Menarik Pulau Sebatik

--by genpi.co

RADAR TEGAL - Pulau Sebatik merupakan pulau di Kalimantan Utara yang terletak di dua negara, yaitu Indonesia dan Malaysia. Pulau ini terletak di sebelah timur laut Kalimantan dan jarak minimum antara Pulau Sebatik dan daratan Kalimantan adalah sekitar 1 km.

Pulau Sebatik memiliki luas sekitar 452,2 km² yang mana wilayahnya dibagi menjadi dua bagian. Bagian utara pulau dengan luas 187,23 km² merupakan wilayah dari negara bagian Sabah, Malaysia. Sementara bagian selatan dengan luas 247,47 km² merupakan bagian dari Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Indonesia.

Pada tahun 2020, jumlah populasi penduduk Pulau Sebatik sekitar 72.571 jiwa yang kemudian dibagi menjadi dua, sekitar 25.000 jiwa merupakan warga negara Malaysia yang menempati Sebatik Malaysia dan sekitar 47.571 jiwa adalah warga negara Indonesia, yang menempati wilayah Sebatik Indonesia.

Berdasarkan sejarahnya, pembagian Pulau Sebatik menjadi dua bagian ini merupakan warisan dari periode kolonialisme Barat di negara-negara ketiga. Pulau Sebatik dibagi berdasarkan pada konvensi tahun 1891 antara pemerintah Inggris dan Belanda.

Dilansir dari kanal Youtube Invoice Indonesia, terdapat fakta-fakta menarik mengenai Pulau Sebatik. Yuk, langsung saja Anda simak artikel berikut ini.

BACA JUGA:Menjadi Provinsi Paling Bahagia Kedua di Indonesia, Ini Fakta Menarik Provinsi Kalimantan Utara

10 Fakta Menarik Pulau Sebatik

1. Tempat Pertempuran Antara Pasukan Indonesia dan Malaysia

Dalam sejarah, Pulau Sebatik pernah menjadi salah satu tempat terjadinya pertempuran sengit antara pasukan Indonesia dan Malaysia selama periode Konfrontasi Indonesia-Malaysia tahun 1963-1966.

2. Hanya Dibatasi Patok Beton

Meskipun ada penjaga perbatasan di Pulau Sebatik, tetapi tidak ada kantor imigrasi, tidak ada rumah pabean, tidak ada pagar kawat berduri, dan tidak ada tembok yang membatasi wilayah perbatasan dua negara pada umumnya.

Satu-satunya bukti perbatasan di wilayah Pulau Sebatik adalah patok beton yang dibangun setiap kilometer dari timur ke barat.

3. Banyak Toko yang Menjual Produk Malaysia

Jika Anda berkesempatan berkunjung ke Pulau Sebatik, Anda akan menemui toko-toko yang menjual barang-barang dari Malaysia. Barang-barang ini dibeli secara langsung dari Kota Tawau yang terletak di Malaysia.

Sumber: youtube.com/invoice indonesia