10 Provinsi Terkaya di Indonesia, DKI Jakarta Menduduki Posisi Pertama

Senin 17-07-2023,19:20 WIB
Reporter : Ameilia Hera Lusiana
Editor : Ameilia Hera Lusiana

8. Jambi

Posisi kedelapan di tempat oleh Provinsi Jambi dengan PDRB perkapita sebesar 76.096.000 atau sekitar 5.070 US Dollar, sedikit lebih besar dari PDB perkapita negara Yordania, yaitu 5.050 US Dollar.

Jambi menjadi salah satu produsen batu bara terbesar di Indonesia dan memiliki cadangan batu bara yang signifikan. Selain itu, Jambi juga memiliki potensi komoditas emas. Keunggulan tersebut yang membuat Jambi memiliki PDRB yang tinggi dan menduduki posisi kedelapan provinsi terkaya di Indonesia. 

9. Kalimantan Tengah

Posisi kesembilan ditempati oleh Provinsi Kalimantan Tengah dengan PDRB berkapita sebesar 72.945.000 atau sekitar 4.860 US Dollar, sedikit lebih besar dari PDB perkapita negara Mongolia, yaitu 4810 US Dollar.

Kalimantan Tengah memiliki potensi di berbagai bidang seperti industri, perkebunan, kelautan, dan pariwisata. Potensi tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakatnya, sehingga Kalimantan Tengah memiliki PDRB yang tinggi dan menduduki posisi kesembilan provinsi terkaya di Indonesia.

10. Sumatera Selatan

Posisi kesepuluh ditempati oleh Provinsi Sumatera Selatan dengan PDRB per kapita sebesar 63.338.000 atau sekitar 4.220 US Dollar, hampir setara dengan PDB per kapita negara Iran, yaitu 4.250 US Dollar.

Sumatera Selatan memiliki potensi unggulan di bidang pertambangan, seperti batubara, gas alam, dan minyak bumi. Potensi tersebut yang membuat PDRB di Sumatera Selatan menjadi tinggi dan menduduki posisi kesepuluh provinsi terkaya di Indonesia.

Demikian, informasi mengenai 10 provinsi terkaya di Indonesia. Untuk menjadi provinsi terkaya di Indonesia, semua provinsi tersebut  memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki dengan baik, sehingga memiliki Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang tinggi. Semoga bermanfaat.***

 

Kategori :