Pesan Pj Bupati Brebes Pada Peringatan Hari Santri Nasional

Pesan Pj Bupati Brebes Pada Peringatan Hari Santri Nasional

--

BREBES, radartegal.com - Pj Bupati Brebes Djoko Gunawan memimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tingkat kabupaten di Alun-alun Brebes, Selasa 22 Oktober 2024. Dalam kesempatan itu, pj Bupati menyampaikan peringatan HSN 2024 bisa menjadi momentum untuk memperkuat komitmen para santri untuk merengkuh masa depan dan mewujudkan cita-cita bangsa.

Karena itu, santri harus percaya diri karena santri bisa jadi apa saja. 

“Santri harus percaya diri karena santri bisa menjadi apa saja. Santri bisa menjadi presiden, dan kita punya presiden yang berlatar belakang santri, yaitu KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Santri juga bisa menjadi wakil presiden, dan kita punya wakil presiden berlatar belakang santri, yaitu KH. Ma’ruf Amin,” kata Menteri Agama RI Nasarudin Umar dalam sambutan yang dibacakan Pj Bupati Brebes Djoko Gunawan.

Menurut Menag, yang pentingnya peran santri dalam sejarah perjuangan bangsa. Hari Santri yang jatuh setiap 22 Oktober merujuk pada peristiwa bersejarah "Resolusi Jihad" yang dikeluarkan oleh KH Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945. 

 

BACA JUGA: Irigasi Pertanian yang Mampet Sempat Dikeluhkan Petani, Pj Bupati Brebes Langsung Cek Lokasi

 

BACA JUGA: Pasang Badan, Pj Bupati Brebes Ingatkan ASN Harus Netral dan Hati-hati saat Bermedsos

 

Resolusi ini menjadi seruan bagi para santri dan umat Islam untuk berjihad mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Kemudian memuncak pada peristiwa heroik 10 November 1945, yang sekarang diperingati sebagai Hari Pahlawan.

 

“Peristiwa Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945 tidak bisa dipisahkan dari pertempuran 10 November 1945. Tanpa Resolusi Jihad, belum tentu ada peristiwa 10 November," ujar Menteri Agama dalam sambutannya.

 

Hari Santri 2024 mengusung tema 'Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan' yang menjadi ajakan bagi generasi santri masa kini untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu dalam menjaga keutuhan bangsa.

 

"Rengkuhlah masa depan dengan semangat dan ketekunan. Kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Teruslah berinovasi dan berkontribusi untuk meraih kegemilangan masa depan Indonesia," imbuhnya.

 

BACA JUGA: Hari Pertama Bekerja Usai Dilantik, Pj Bupati Brebes Langsung Sidak MPP

 

BACA JUGA: Dianggap Sudah Paham Kondisi Wilayah, Ini Harapan Anggota Dewan ke Pj Bupati Brebes yang Baru

 

Secara khusus Pj Bupati Brebes Djoko Guawan atas nama Pemerintah Kabupaten Brebes memaknai HSN tahun ini sebagai upaya peneguhan kebersamaan. Bersama dengan para santri, ulama dan juga umara akan terus memaksimalkan sinergitas dalam rangka melaksanakan program-program kerja pemerintahan.

 

Karena masih banyak hal-hal yang harus diselesaikan.  Kalau dulu para santri berjuang dengan jihadnya mengangkat senjata dalam rangka memerangi kemerdekaan.

 

Maka di era pembangunan seperti sekarang ini dilakukan dengan cara bagaimana mengurangi angka kemiskinan, pengangguran dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Termasuk di bidang pendidikan, sosial dan kesehatan harus terus dimaksimalkan. 

 

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Brebes juga turut memperhatikan pondok-pondok pesantren, seperti mensuport perlombaan-perlombaan, bakti sosial untuk anak yatim piatu, serta pengobatan gratis bagi para santri di sejumlah pondok pesantren yang ada di Brebes. 

Sumber: