Hari Pertama Bekerja Usai Dilantik, Pj Bupati Brebes Langsung Sidak MPP

Hari Pertama Bekerja Usai Dilantik, Pj Bupati Brebes Langsung Sidak MPP

Hari pertama kerja usai dilantik jadi Pj Bupati Brebes, Djoko Gunawan melakukan inspeksi mendadak di Mal Pelayanan Publik (MPP), Jumat 20 September 2024. (Istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Hari pertama kerja usai dilantik jadi Pj Bupati Brebes, Djoko Gunawan melakukan inspeksi mendadak di Mal Pelayanan Publik (MPP), Jumat 20 September 2024. Pengecekan layanan tersebut merupakn arahan Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana saat pelantikan. Yakni, meningkatkan layanan kepada masyarakat.

 

“Sesuai arahan Bapak Pj Gubernur Jawa Tengah kemarin, Kabupaten Brebes harus terus berbenah diri dan dia mengawali dari sisi perizinan, dan pelayanan,” ungkap Djoko Gunawan usai melakukan sidak.

 

Tidak dipungkiri, saat iji masih ada beberapa pekerjaan rumah (PR) yang ada di Brebes yang harus dimaksimalkan lagi. Salah satunya, seperti penurunan angka kemiskinan dan stunting. Juga perlu dorongan bagaimana pertumbuhan ekonomi bisa meningkat, serta tingkat pengangguran terbuka yang ada di Brebes masih cukup tinggi. 

 

“Alhamdulillah, tadi sudah kita cek dan ternyata setiap harinya untuk pelayanan di kartu pencari kerja (Kartu Kuning) cukup banyak. Kalau dirata-rata ada sekitar 100 orang setiap harinya yang meminta permohonan kartu kuning, dan ini akan terus kita pantau,” ujarnya.

 

BACA JUGA: Nana Sudjana Lantik Pj Bupati Brebes dan Banyumas, Singgung Persiapan Pilkada 2024

 

BACA JUGA: Sah! Djoko Gunawan Resmi Dilantik Jadi Pj Bupati Brebes

 

Menurutnya, persoalan setelah dievaluasi, mereka yang telah membuat kartu pencari kerja dan mendaftar di perusahaan-perusahaan belum dapat kita monitor untuk penyerapan tenaga kerjanya. Oleh karena itu, Djoko berharap sistem ini harus terus dibenahi agar nantinya pemkab bisa memonitor langsung penyerapan tenaga kerjanya. 

 

"Syukur-syukur kita bisa tahu dimana orang-orang tersebut diterima kerjanya," imbuhnya.

 

Lebih lanjut Djoko menyampaikan, ke depan, jika nantinya sistem ini sudah terintegrasi semua, kaitannya dengan tingkat pengangguran terbuka di Brebes bisa diturunkan dengan riil. 

 

Dalam sidak tersebut, Pj Bupati mengecek langsung booth-booth yang kaitannya dengan pelayanan yang ada di lingkungan Pemkab Brebes. Baik itu, Dinas Kesehatan, Dindukcapil, Kemenag, BAZNAS, Pengadilan Agama, Kejaksaan Negeri Brebes dan lain-lain. Terkait dengan pembayaran E-Tilang yang sudah berjalan lancer. 

 

BACA JUGA: Sekolah Tidak Boleh Jual Seragam, Pj Bupati Brebes: Beli Sendiri-sendiri Sesuai Selera

 

BACA JUGA: Kembali Lantik Kades PAW, Ini Pesan Pj Bupati Brebes

 

Pelayanan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang tujuannya agar ada kepastian hukum bagi para pelaku UMKM di Brebes. Termasuk yang mikro juga tak luput dari pantauan Djoko.

 

“Dengan memiliki NIB, tentunya para pelaku UMKM bisa nge-link ke BAZNAS, perbankan, dan CSR untuk mendorong peningkatan permodalan usaha agar bisa meningkat,” pungkasnya.

Sumber: