Perbedaan Pinjol Paylater dan Kartu Kredit Mulai Dari Bunga Layanan Hingga Syaratnya, Cek di SINI!

Perbedaan Pinjol Paylater dan Kartu Kredit Mulai Dari Bunga Layanan Hingga Syaratnya, Cek di SINI!

--

Apabila pengguna gagal membayar pada waktu yang telah ditentukan, maka bunga dan denda keterlambatan yang akan dibebankan juga dapat menambah beban keuangan.

Alasan bunga Paylater lebih tinggi Kartu Kredit

Paylater memiliki popularitas di tengah-tengah kalangan milenial dan Gen Z, dijelaskan oleh proses yang cepat dan mudah, walaupun bunga yang ditawarkan lebih tinggi daripada kartu kredit. Bunganya yang tinggi juga resiko kredit yang lebih besar.

BACA JUGA:Cara Mudah dan Gampang Mengaktifkan Shopee SPaylater, Keuntungannya Bisa Lebih dari Pinjol

BACA JUGA:Ciri-ciri Pinjol Ilegal yang Kerap Menjebak Nasabahnya dengan Bunga Tinggi

Hal itu disebabkan oleh kurangnya verifikasi nasabah dan biaya operasional yang tinggi juga. Perusahaan paylater seringkali tidak memerlukan agunan yang berarti bahwa risiko gagal bayar akan lebih tinggi daripada kartu kredit.

Cara kerja, teknolologi, dan penggunaan
1. Cara Kerja

Paylater dan kartu kredit melakukan kerja sama dengan menggunakan sistem limit kredit yang digunakan untuk melakukan transaksi hingga nilai tertentu. Pengguna dapat membayar kembali dalam jangka waktu yang ditentukan dengan opsi pilihan pembayaran seperti pembayaran penuh atau cicilan.

Namun untuk pinjol berbeda. Pinjol memberikan dana tunai secara langsung untuk digunakan di berbagai keperluan.

2. Teknologi

Teknologi memiliki peran yang penting dalam ketiga layanan ini. Paylater dan pinjol biasanya mengandalkan teknologi digital secara penuh untuk mempermudah proses verifikasi dan pengajuan secara instan.

BACA JUGA:Segera Private Akun Medsos Anda, Cara Gampang Hindari Teror DC Pinjol Ilegal

BACA JUGA:Paylater Semakin Digemari, Apa sih Keunggulannya dari Pinjol?

Namun untuk kartu kredit banyak yang menggunakan formulir fisik, walaupun beberapa bank sudah menyediakan opsi secara online.

3. Penggunaan dan Fleksibilitas

Pengguna kartu kredit tersebar luas meliputi online dan offline di penjuru dunia. Sementara untuk paylater biasanya terbatas pada platform tertentu yang hanya menyediakan layanan tersebut.

Limit pinjaman dan bunga

Limit pinjaman pada layanan paylater biasanya lebih fleksibel dan bisa meningkat seiring berjalannya waktu tergantung riwayat kredit pengguna. Untuk pinjol dan kartu kredit memiliki limit yang sudah ditetapkan berdasarkan analisis pendapat gaji pengguna.

Adapun bunga kartu kredit berkisar 0 persen jika dibayar tepat waktu. Sedangkan untuk pinjol bunga nya lebih tinggi karena resiko yang melekat.

Sumber: