Gonta-ganti Oli Mesin Honda Bikin Motor Overheat? Ini Kata Dealer Resmi AHM

Gonta-ganti Oli Mesin Honda Bikin Motor Overheat? Ini Kata Dealer Resmi AHM

OLI HONDA - Kebiasaan gonta-ganti oli mesin Honda memang terlihat seperti hal yang sederhana, tapi dampaknya ternyata cukup serius. -(Foto: Istimewa)-

Wahyu Budhi menjelaskan, salah satu efek buruk dari kebiasaan mengganti merek oli mesin secara sembarangan adalah munculnya kerak di dalam mesin.

"Mesin yang sering berganti merek oli cenderung mudah berkerak karena perbedaan komposisi kimia dalam setiap produk," jelas Wahyu dalam wawancaranya dengan Kompas.

Komposisi kimia pada setiap merek oli memang berbeda-beda, meskipun secara fungsi sama-sama bertujuan melumasi mesin. Namun, perbedaan ini bisa mempengaruhi cara oli bekerja di dalam mesin.

Akibatnya, mesin kalian berpotensi mengalami penumpukan residu yang membentuk kerak di bagian-bagian penting mesin.

BACA JUGA: 6 Oli Mesin Terbaik untuk Avanza agar Performanya Optimal dan Awet Beserta Keunggulannya

BACA JUGA: 8 Penyebab Oli Mesin Mobil Bocor dan Cepat Habis

Kerak ini tentu saja nggak bagus buat kesehatan mesin. Dengan adanya kerak, mesin akan bekerja lebih keras karena pelumasan nggak bisa berjalan sempurna. Dan di sinilah awal mula masalah overheat pada mesin.

Mesin Cepat Panas atau Overheat

Selain risiko penumpukan kerak, Wahyu juga menyebutkan bahwa pergantian merek oli secara terus-menerus bisa bikin motor kalian cepat panas atau overheat.

"Ketidakcocokan formula pelumas dapat menyebabkan pelumasan tidak sempurna, sehingga komponen mesin bekerja lebih keras dan menghasilkan panas berlebih," kata Wahyu.

Ketika oli yang digunakan nggak cocok dengan kebutuhan spesifikasi mesin, oli tersebut nggak mampu melumasi seluruh komponen dengan sempurna.

BACA JUGA: Berbagai Penyebab Utama Oli Mesin Mobil Anda Cepat Habis, dari Perawatan yang Salah Hingga Bagian Ini Rusak

BACA JUGA: 4 Cara Efektif Merawat Mesin Turbo Daihatsu Rocky Tetap Awet, Jangan Asal Pilih Oli Mesin!

Akibatnya, komponen-komponen dalam mesin saling bergesekan lebih keras tanpa pelumasan yang optimal. Inilah yang akhirnya menyebabkan mesin menjadi cepat panas.

Jangan anggap enteng masalah overheat ini, ya. Jika mesin kalian terus menerus mengalami overheat, komponen di dalamnya bisa rusak, dan biaya perbaikan untuk masalah ini tentu nggak murah. Makanya, penting banget buat kalian memperhatikan pemilihan oli yang tepat.

Setiap Mesin Punya Kebutuhan Sendiri

Sumber: