Gonta-ganti Oli Mesin Honda Bikin Motor Overheat? Ini Kata Dealer Resmi AHM

Gonta-ganti Oli Mesin Honda Bikin Motor Overheat? Ini Kata Dealer Resmi AHM

OLI HONDA - Kebiasaan gonta-ganti oli mesin Honda memang terlihat seperti hal yang sederhana, tapi dampaknya ternyata cukup serius. -(Foto: Istimewa)-

Wahyu juga menekankan bahwa setiap mesin memiliki kebutuhan pelumas yang berbeda. "Kinerja mesin bisa menjadi tidak konsisten, karena oli yang digunakan tidak selalu sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan," tegasnya.

Artinya, nggak semua oli mesin Honda bisa cocok digunakan di semua motor. Setiap motor punya kebutuhan oli yang spesifik, tergantung jenis mesin, usia kendaraan, serta cara penggunaan motor itu sendiri.

BACA JUGA: Wuih, Ternyata Oli Gardan Motor Matic Honda Itu Penting Banget! Kalau Jarang Diganti, Motor Bisa Ngambek

BACA JUGA: Kapan Waktu Tepat untuk Ganti Oli Motor Matic Honda? Ini Rekomendasi Waktu dan Jenis Oli yang Terbaik

Oleh karena itu, pabrikan motor seperti Honda biasanya sudah memberikan rekomendasi merek oli tertentu yang cocok untuk mesin kendaraan mereka. Mengikuti rekomendasi ini adalah cara terbaik untuk menjaga performa mesin tetap stabil dan tahan lama.

Sering kali, kita tergoda untuk mencoba oli lain dengan harapan bisa mendapatkan performa lebih bagus. Tapi sayangnya, kebiasaan ini justru bisa membawa dampak buruk pada jangka panjang. Pilihan yang tepat adalah menggunakan oli yang sudah sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan kalian.

Jangan Asal Tergiur Iklan

Saat ini, banyak sekali merek oli yang menawarkan janji-janji keren, seperti bisa bikin motor lebih kencang, mesin lebih awet, atau konsumsi bahan bakar lebih irit. Meskipun sebagian klaim itu bisa jadi benar, nggak semua oli cocok dengan kebutuhan mesin kalian.

Ingat, nggak semua produk yang terlihat canggih atau memiliki harga lebih mahal pasti lebih baik. Yang paling penting adalah apakah oli tersebut sesuai dengan spesifikasi mesin motor kalian atau nggak.

BACA JUGA: 8 Cara Memilih Oli Motor Matic yang Tepat untuk Motor Honda, yang Bingung Wajib Tahu Ini

BACA JUGA: 5 Merek Oli Motor Matic Honda Terbaik Berdasarkan Rekomendasi Pengguna

Jangan sampai karena tergiur iklan, kalian malah menukar performa mesin yang stabil dengan masalah baru seperti kerak dan overheat.

Rekomendasi dari Pabrikan lebih Aman

Agar lebih aman, sebaiknya tetap mengikuti rekomendasi dari pabrikan motor kalian. Jika kalian menggunakan motor Honda, pihak Honda tentu sudah melakukan berbagai uji coba untuk menentukan oli mana yang paling pas untuk setiap tipe mesin mereka. Mengikuti rekomendasi ini bisa meminimalisir risiko overheat dan kerusakan mesin di masa depan.

Jika kalian merasa perlu mengganti merek oli, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan mekanik terpercaya atau bengkel resmi.

Mereka bisa memberikan saran tentang merek oli yang memang cocok dengan mesin kalian, sehingga risiko-risiko seperti yang sudah disebutkan di atas bisa dihindari.

BACA JUGA: Kapan Waktu yang Pas untuk Ganti Oli Gardan Motor Matic? Ini Akibatnya Kalau Telat Ganti

Sumber: