Cara Memegang Stang Sepeda Motor dengan Benar, Ikuti Saran #Cari_Aman Astra Motor Jateng

Cara Memegang Stang Sepeda Motor dengan Benar, Ikuti Saran #Cari_Aman Astra Motor Jateng

KESELAMATAN - Cara memegang stang sepeda motor dengan benar, harus diajarkan detail kepada pengendara pemula sejak awal, agar berkendara lebih aman dan nyaman.--astra motor jateng for radartegal.com

2. Posisi Tangan yang Benar. Telapak tangan menghadap ke bawah, ibu jari berada di bagian bawah handgrip. Sendi pergelangan tangan dalam kondisi mampu dinamis gerak memutar throttle gas maupun berbelok merubah arah.

3. Jarak yang Tepat. Berikan jarak jeda satu jari antara tangan dengan bagian dalam stang.

4. Hindari Menaruh Jari di Tuas Rem Terlalu Lama. Hanya gunakan jari jemari untuk menarik tuas rem saat benar-benar diperlukan. Diijinkan satu atau dua jemari berada diatas tuas rem untuk berjaga hanya dalam kondisi ramai padat kendaraan.

BACA JUGA: Tim Safety Riding Astra Jateng Beberkan Tips #Cari_Aman Berkendara Waktu Reaksi dan Waktu Manuver

BACA JUGA: Jangan Abai dan Anggap Sepele, Begini Tips #Cari_Aman Menjaga Jarak Berkendara di Jalan Raya

5. Pahami perbedaan memegang stang sesuai peruntukannya. Cara dan posisi memegang stang motor balap sirkuit aspal dan motorcross medan off the road akan berbeda dan tidak akan optimal jika digunakan untuk berkendara jalan raya.

Untuk membiasakan memegang stang sepeda motor dengan benar, lakukan latihan secara rutin, utamanya saat belajar berkendara. Pastikan posisi tubuh saat berkendara juga benar, agar genggaman pada stang lebih optimal. 

Selain itu gunakan perlengkapan keselamatan saat berlatih, untuk membantu menimbulkan budaya mengutamakan keselamatan. Menurut Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah, Oke Desiyanto cara memegang stang yang benar adalah salah satu dasar penting yang harus dikuasai dalam berkendara motor. 

"Dengan memahami kesalahan-kesalahan umum, dan menerapkan teknik yang benar, pengendara dapat meningkatkan keselamatan dan kenyamanan selama berkendara,” kata Oke.

BACA JUGA: Tips #Cari_Aman Biker Menghadapi Sepeda Listrik, Jangan Bunyikan Klakson Terus Menerus

BACA JUGA: Lebih Ringan 3 Kg, All New Honda BeAT Semakin Tingkatkan Fokus dan Konsentrasi #Cari_Aman

Demikian informasi tentang cara memegang stang sepeda motor dengan benar, sebagai salah satu implementasi #Cari_Aman. Sehingga aktifitas berkendara sehari-hari, menjadi lebih aman dan nyaman.

Sumber: