Cara Memegang Stang Sepeda Motor dengan Benar, Ikuti Saran #Cari_Aman Astra Motor Jateng

Cara Memegang Stang Sepeda Motor dengan Benar, Ikuti Saran #Cari_Aman Astra Motor Jateng

KESELAMATAN - Cara memegang stang sepeda motor dengan benar, harus diajarkan detail kepada pengendara pemula sejak awal, agar berkendara lebih aman dan nyaman.--astra motor jateng for radartegal.com

SEMARANG, radartegal.com – Ada hal yang kurang diperhatikan saat memberikan pendidikan awal atau mengajari cara memegang stang sepeda motor dengan benar. Karena biasanya, stang atau grip gas hanya disuruh untuk dipegang tanpa penjelasan yang cukup. 

Stang motor adalah salah satu komponen penting yang berperan dalam pengendalian dan kenyamanan saat berkendara. Fungsi dasar stang adalah mengarahkan roda depan sehingga berdampak terhadap arah sepeda motor. 

Selain itu juga membantu menjaga keseimbangan motor dan memengaruhi posisi duduk pengendara. Itulah sebabnya cara memegang stang sepeda motor dengan benar, harus diajarkan sejak dini.

Sekadar informasi, manfaat stang untuk pengendalian motor adalah memberikan respons cepat terhadap gerakan tangan pengendara. Juga untuk memudahkan pengendalian dalam berbagai situasi. 

BACA JUGA: Tips #Cari_Aman untuk Mahasiswa Baru saat Ngampus Pakai Sepeda Motor

BACA JUGA: Pengetahuan #Cari_Aman, Kenali Cara Aman saat Melintas di Bundaran

Cara memegang stang sepeda motor dengan benar

Stang yang baik mampu memberikan stabilitas dan memudahkan pengendara untuk menjaga kontrol. Stang yang ergonomis memudahkan pengendara melakukan manuver, seperti berbelok tajam atau berputar di tempat terbatas. 

Sedangkan manfaat yang terakhir, yaitu memungkinkan pengendara untuk melakukan berbagai teknik berkendara seperti cornering atau braking yang efektif. Secara keseluruhan, stang yang tepat sangat memengaruhi performa dan kenyamanan berkendara. 

Itulah yang pada gilirannya berkontribusi pada keselamatan pengendara. Jika memegang stang tidak tepat, pengendara tidak akan bisa mengoptimalisasikan fungsi dan manfaat tersebut di atas.

Berikut cara memegang stang sepeda motor dengan benar untuk berkendara di jalan raya:

BACA JUGA: Tips #Cari_aman, Kenali Karakter Motor yang Cocok untuk Perkotaan

BACA JUGA: Tips #Cari_Aman, Kenali Potensi Bahaya di Jalan Menurun dan Menikung

1. Cengkeraman Kuat namun Relaks. Genggam kuat grip stang kuat menggunakan seluruh jari, namun jangan terlalu kaku. Jaga agar pergelangan tangan tetap rileks untuk menyerap getaran. 

Sumber: