Satu Arah di Kawasan Malioboro-nya Tegal Kembali Disoal, Ini Curhatan Pedagang ke Cawalkot Muda Ini

Satu Arah di Kawasan Malioboro-nya Tegal Kembali Disoal, Ini Curhatan Pedagang ke Cawalkot Muda Ini

Pedagang curhat ke salah satu calon Walikota Tegal, salah satunya terkait kebijakan satu arah di Malioboro-nya Tegal--

TEGAL, radartegal.com - Sejumlah warga kembali mengeluhkan pemberlakuan satu arah di Jalan Ahmad Yani atau Malioboro-nya Tegal. Menanggapi itu, salah satu bacalon Walikota yang akan berlaga di Pilkada 2024 di Tegal berjanji akan melakukan kajian saat terpilih nanti, jika memang disetujui DPRD, maka akan dikembalikan seperti semula yakni 2 arah.

Itu, terungkap saat bacalon Walikota Tegal Faruq Ibnul Haqqi blusukan ke Pasar Pagi yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Sabtu 14 September 2024 siang. Turut serta dalam blusukan anggota DPRD Kota Tegal Zaenal Nurohman.

Salah satu pedagang sembako di Blok B, Ing Sian mengatakan sejak diberlakukannya kebijakan satu arah di Jalan Ahmad Yani, pembeli yang datang ke tokonya menjadi sepi. Karenanya, dia berharap agar kebijakan itu dicabut dan dikembalikan menjadi dua arah. 

"Kami berharap agar Jalan Ahmad Yani dikembalikan menjadi dua arah. Karena sejak dijadikan satu arah, pembeli menjadi sepi," ujarnya.

BACA JUGA: Jalan Ahmad Yani atau Malioboronya Tegal Akan Mulai Diberlakukan Searah

BACA JUGA: Pemilik Toko di Jalan Ahmad Yani Bukan Tak Setuju Malioboronya Tegal, Tapi Butuh Kejelasan

Menanggapi itu, Bacalon Walikota Tegal Faruq Ibnul Haqqi mengatakan sebelum kebijakan satu arah diterapkan, seharusnya dilakukan kajian lebih mendalam lebih dulu. Kalau seperti sekarang dengan space trotoar yang lebih besar, apaka lebih besar atau justru kurang manfaatnya.

"Itu yang akan kita review nanti. Jika saya diberi amanat oleh rakyat untuk memimpin Kota Tegal, ketika akan menentukan sebuah kebijakan harus disertai bahan kajian mendalam dan dibahas bersama dengan DPRD," katanya.

Faruq menambahkan, jika nanti dalam kajian mendalam dan pembahasan bersama DPRD lalu ada rekomendasi kebijakan satu arah ini dirubah, maka akan dirubah. Serta kembalikan seperti semula yakni menjadi dua arah kembali.

Terkait keluhan pedagang tentang kondisi pasar Pagi, Faruq menambahkan, semuanya tergantung keberpihakan dan upaya yang lebih dari kepala daerahnya. Sehingga, jika terpilih nanti dirinya akan berkonsultasi dengan Kementerian Perdagangan. 

BACA JUGA: Sopir Angkot Geruduk Kantor Dishub, Minta Tempat Ngetem di Malioboro-nya Tegal

BACA JUGA: Foodtruck Festival di Malioboro-nya Tegal Disorot Fraksi PKS DPRD : Prioritaskan Vendor Lokal

"Karena Kementerian Perdagangan mempunyai anggaran untuk pembangunan pasar. Tinggal bagaimana kita bersiap untuk mengajukan itu atau tidak, kalau kita lihat kondisi seperti di blok C itu, seharusnya sudah bisa dieksekusi," pungkasnya. 

Demikian informasi terkait keluhan pedagang Pasar Pagi terhadap kebijakan pemberlakuan satu arah di kawasan Malioboro-nya Tegal atau Jalan Ahmad Yani. Sebab, hal itu menyebabkan sepinya pembeli. 

Sumber: