DPU Kabupaten Brebes Buka 2.559 Sambungan Rumah Air Bersih dan Bangun 12 Titik Infrastruktur

DPU Kabupaten Brebes Buka 2.559 Sambungan Rumah Air Bersih dan Bangun 12 Titik Infrastruktur

Tahun ini, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes membuka sebanyak 2.559 Sambungan Rumah (SR) ari berih.(Istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Tahun ini, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes membuka sebanyak 2.559 Sambungan Rumah (SR) air bersih. Pembangunan tersebut sebagai upaya pemenuhan kebutuhan air bersih di masyarakat Brebes.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Brebes M. Idrus mengatakan, tahun ini total pihaknya melakukan pembangunan 12 titik infrastruktur instalasi air bersih. Dua belas titik itu tersebar di 12 desa di beberapa kecamatan yang ada di Brebes.

"Dari 12 titik infrastruktur instalasi air bersih itu nantinya akan disalurkan ke 2.559 sambungan rumah yang ada di sekitar pembangunan instalasi," ungkapnya kepada awak media, Rabu 14 Agustus 2024.

Idrus menjelaskan, dari 12 infrastruktur instalasi air bersih itu dibangun melalui anggaran yang bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara), APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) dan Bantuan Gubernur (BanGub).

BACA JUGA: Maksimalkan Pemakaian Air Bersih 10 Kubik per Bulan, Perumdam Tirta Bahari Kota Tegal Lakukan Hal Ini

BACA JUGA: 3 Desa di Kabupaten Tegal Krisis Air Bersih, Kekeringan Akibat Kemarau Mulai Terjadi

"Bantuan dari APBN ini nantinya akan disalurkan ke 2.073 sambungan rumah, dari APBD ke 192 sambungan rumah dan dari BanGub akan disalurkan ke 294 sambungan rumah," jelasnya

Diketahui, ketersediaan air bersih dan air minum juga penting untuk mencegah stunting dan dapat membantu menghilangkan kemiskinan ekstrem. Terlebih lagi, isu kedua tersebut memiliki persamaan dalam penanganannya.

Pertama, mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin, kemudian yang kedua mendorong agar keluarga miskin yang masih produktif bisa berproduksi sehingga pendapatannya naik.

Dia menambahkan, dengan adanya instalasi air bersih ini diharapkan dapat membantu warga dalam mendapatkan air bersih. Terlebih, kebutuhan air bersih sangat dibutuhkan masyarakat dalam membantu pemerintah dalam menekan stunting.

BACA JUGA: 702 Rumah di 2 Kecamatan di Brebes Selatan Bakal Dapatkan Layanan Air Bersih

BACA JUGA: Warga Desa Pamulihan Brebes Protes Proyek Air Bersih Rp925 Juta, Ternyata Ini Sebabnya

"Iya harapannya adanya infrastruktur instalasi air bersih ini juga dapat membantu pemerintah dalam menekan angka stunting di Kabupaten Brebes. Apalagi, saat ini penekanan angka stunting terus digencarkan oleh Pemkab Brebes," pungkasnya.

Sumber: