PJ Gubernur Jateng Dampingi Wapres Resmikan Taman Balekambang Surakarta usai Ditata 17 Bulan

PJ Gubernur Jateng Dampingi Wapres Resmikan Taman Balekambang Surakarta usai Ditata 17 Bulan

TAMAN BALEKAMBANG- Setelah ditata selama 17 bulan, kawasan Taman Balekambang Surakarta, Kamis, 25 Juli 2024 diresmikan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin yang didampingi Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana.-Istimewa-Radartegal.disway.id

SURAKARTA, radartegal.id - Setelah ditata selama 17 bulan, kawasan Taman Balekambang Surakarta, Kamis, 25 Juli 2024 diresmikan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin yang didampingi Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan Taman Balekambang Surakarta memiliki nilai sejarah yang harus dilestarikan. Selain pernah dijadikan pemandian putri kraton, taman ini  juga menjadi tempat bermain kelompok Srimulat yang legendaris.

"Luasnya 12,8 hektare. Tadi saya sudah melihat gedung pertemuan (dan pertunjukan) yang representatif. (Bangunan) yang lama sudah dirobohkan," katanya.

Taman Balekambang Surakarta juga masih terjaga keasriannya dengan banyak pohon-pohon berusia ratusan tahun. Ia menyebutkan,  sangat tepat jika lokasi tersebut dijadikan taman hijau, tempat rekreasi, edukasi, serta pengembangan budaya dan seni.

BACA JUGA: Sejarah Taman Ratu Belanda di Tegal yang Menjadi Asal Usul Berdirinya Taman Pancasila

BACA JUGA: Sejarah Taman Pancasila Kota Tegal, Ternyata Punyai Nama Asli Taman Wilhelmina

Kelestarian ekologis dan seni budaya tersebut diharapkan dapat menjadi daya tarik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara untuk datang berkunjung. 

Taman Balekambang Surakarta ini juga didorong untuk memberikan manfat signifikan kepada masyarakat dan perekonomian. Salah satunya dengan menyediakan tempat khusus untuk pelaku UMKM menjajakan produknya.

Ma'ruf Amin berpesan agar Taman Balekambang Surakarta dioptimalkan menjadi pusat berbagai aktivitas warga, mulai dari kegiatan sosial, olahraga, kesenian, dan budaya. UMKM juga harus dilibatkan dalam pengisian gerai-gerai yang ada. 

"Saya mengajak untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam pemanfaatan taman ini. Ke depan, pembangunan infrastruktur hijau serupa perlu terus dipacu di berbagai kota di Indonesia. Hal ini tentu memerlukan perencanaan dan sinergi antara pusat dan daerah," jelasnya.

BACA JUGA: Taman Bungah di Tegal Difungsikan Jadi Ruang Bermain Ramah Anak

BACA JUGA: Wapres ke-6 RI Sampaikan Pandangannya Terkait Pancasila dan BPIP, Ini yang Disampaikannya

Sumber: