Kisah Inspiratif Hayyakidz: Bermula dari Ruang Tamu, Erwin Tuai Untung Besar

Kisah Inspiratif Hayyakidz: Bermula dari Ruang Tamu, Erwin Tuai Untung Besar

Erwin Riski, Berada di Toko "HayyaKidz " Jl.Siklepuh Raya - Mejasem - Kabupaten Tegal-Istimewa-Radartegal.disway.id

Radartegal.id- Banyak orang tertarik memulai bisnis dari hal yang disukai, salah satunya adalah Erwin dan istrinya yang gemar berbelanja pakaian secara online. Bisnis fesyen tampaknya menjadi salah satu bisnis yang tak pernah mati dan justru akan terus berkembang terutama pakaian anak. 

Bisnis ini memiliki potensi besar karena target pasarnya luas dan kebutuhan pakaian anak selalu ada. 

Erwin Rizki, pengusaha distributor pakaian anak Hayyakidz Tegal, memulai bisnisnya dengan modal kecil. Awalnya, ia membeli baju anak secara online dengan harga murah dan menjualnya kembali kepada teman-temannya. 

Ternyata, banyak yang tertarik. Erwin mengaku Ia dan istrinya memang hobi belanja online. 


SUKSES - Erwin Rizki, pengusaha reseller pakaian anak “Hayyakidz” Tegal memulai bisnisnya dengan memanfatkan ruang tamu rumahnya. Kini, Erwin mampu meraup untung besar dan menggandeng JNE sebagai mitra usahanya.-Istimewa-Radartegal.disway.id

Hobinya itu kemudian berlanjut dengan membeli barang untuk dijual kembali. Melihat peluang ini, Erwin mulai mengembangkan bisnisnya secara serius. 

Ia menjalin kerja sama dengan supplier baju anak dan memasarkan produknya melalui media sosial @hayyakidz. Berkat kerja kerasnya, bisnis pakaian anak yang dirintisnya berkembang pesat dan berhasil meraih omset besar per bulannya.  

“Awalnya, transaksi bisnis saya lakukan secara online, kemudian beralih ke offline, dan saat ini sedang fokus ke online. Partama kali transaksi online dilakukan di rumah, tepatnya di ruang tamu. Saat itu kami masih tinggal bersama orang tua,” katanya saat diwawancari di tempat usahanya di Jalan Siklepuh Raya, Nomor 1B, Sibata, Mejasem Barat, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.  

Awal merintis usaha, Erwin masih bekerja penuh waktu sambil menjalankan bisnisnya. Fasilitas yang diperoleh sejak ia kecil dimanfaatkan untuk kegiatan offline. 

Kemudian, untuk memisahkan antara kegiatan bisnis dan kehidupan pribadi, bisnisnya dipindahkan dari rumah orang tua ke tempat lain. Pada tahun 2014, bisnisnya mulai berkembang secara online, dan pada tahun 2018-2019, usahanya sudah mulai ramai.  

Menurut Erwin, ada beberapa hal yang ia lakukan dan menjadi kunci suksesnya saat memulai bisnis  pakaian anak. Terpenting adalah cermat memilih supplier. 

Supplier yang dipilih harus bisa diandalkan. Itu untuk memastikan jika dirinya bisa mendapatkan produk berkualitas tinggi.  

Selain itu, lanjutnya, penting juga menentukan target pasar dengan jelas. Pelajari dengan saksama usia anak, jenis kelamin, dan tren fashion yang sedang populer agar dapat menyesuaikan produk yang ditawarkan dengan kebutuhan pasar.  

Berikutnya membangun branding yang kuat. Dengan nama toko online yang menarik dan mudah diingat serta promosi melalui media sosial, ia dapat meningkatkan ‘brand awareness’ Hayyakidz dan menarik lebih banyak pelanggan.  

Sumber: