Diserang Hama Wereng Batang Coklat, Petani Padi di Bantarkawung Brebes Panen Dini

Diserang Hama Wereng Batang Coklat, Petani Padi di Bantarkawung Brebes Panen Dini

PANEN DINI- Petani padi di Bantarkawung Brebes terpaksa panen dini untuk mengantisipasi kerusakan lebih parah akibat serangan hama wereng.-Teguh Supriyanto-Radartegal.disway.id

"Sebenarnya sebentar lagi panen, namun karena diserang wereng, terpaksa saya panen lebih awal,"kata Supriyadi, Kamis, 11 Juli 2024.

Menurutnya, sejak seminggu terakhir, hama wereng mulai menyerang padinya yang hampir memasuki masa panen. Tentu ini membuat petani resah akan hasil panen. 

"Sebenarnya bagus tapi jika terkena hama wereng seperti ini mau bagaimana lagi," keluh petani padi di Bantarkawung Brebes ini.

BACA JUGA: Ketua DPRD Jateng Sebut Petani Tidak Bingung Lagi Pupuk Mahal, Panen Mina Padi di Karanganyar Melimpah

BACA JUGA: Desember, Bantuan Pupuk Bersubsidi dan Benih Padi Disalurkan ke 92 Kelompok Tani di Kabupaten Tegal

Menurut Supriyadi, tanaman padi miliknya yang terserang hama wereng terlihat kering hingga akhirnya mati. Serangannya begitu cepat, dari semula hanya satu lokasi, mulai menjalar ke lokasi lainnya.

"Sorenya mulai terlihat di satu titik, tapi ditinggal semalam paginya hampir satu petak sawah menguning layu dan mati," ucapnya.

Dirinya khawatir, jika tidak segera dipanen, maka tanaman padinya di area seluas 125 meter persegi tersebut akan habis diserang wereng.

"Kalau ini dibiarkan dan tidak segera dipanen, tentu akan menular dan menjadikan gagal panen, padahal saat panen harus masih mengeluarkan ongkos untuk buruh panen," ucapnya.

BACA JUGA: Meski Produksi Padi Jateng Turun 123.335 Ton, Pj Gubernur Garansi Pasokan Pangan Tetap Aman

BACA JUGA: Musim Tanam Padi di Kabupaten Tegal Mundur, Efek Kemarau Panjang dan Hujan Tidak Merata

Ruslani, Kades Bantarwaru mengaku sudah mendapat laporan terkait gangguan hama wereng yang menyerang tanaman padi di wilayah Desanya. 

Serangan wereng dapat terjadi karena perubahan iklim. Karena saat ini sedang berlangsung peralihan cuaca. Akibatnya bagian bawah batang padi mengering dan bulir padi tidak terisi semua.

"Kami juga sudah sampaikan kondisi yang terjadi, kepada petugas penyuluh pertanian. Harapannya agar dapat membantu kondisi petani," kata Ruslani.

Kondisi serangan hama wereng ini, lanjut dia, kerap terjadi di wilayahnya saat terjadi perubahan cuaca seperti yang sedang terjadi saat ini. Selain hama wereng, gangguan pertanian lain yang kerap terjadi seperti hama keong, tikus hingga sundep.

Sumber: