Ketua DPRD Jateng Sebut Petani Tidak Bingung Lagi Pupuk Mahal, Panen Mina Padi di Karanganyar Melimpah

Ketua DPRD Jateng Sebut Petani Tidak Bingung Lagi Pupuk Mahal, Panen Mina Padi di Karanganyar Melimpah

EFEKTIF - Ketua DPRD Jateng Sumanto menunjukan hasil panenen padi dengan sistem mina tani yang dikembangkan di Kabupaten Karanganyar, Selasa 19 Desember 2023.--

RADAR TEGAL - Ketua DPRD Jateng Sumanto mengimbau petani di Jawa Tengah mengembangkan sistem mina padi untuk meningkatkan produksi hasil pertanian dan menambah kesejahteraan. Menurutnya, sistem mina padi bisa mengurangi hama, menghemat penggunaan pupuk, meningkatkan produksi padi, hingga memberikan nilai tambah dengan panen ikan.

Hal itu Sumanto sampaikan usai melakukan panen mina padi di persawahan yang dikelola Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Jolotundo, Kelurahan Jungke, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Selasa 19 Desember 2023.

Sumanto mengatakan mina padi pada persawahan seluas 1 hektare tersebut terbukti bisa menghemat penggunaan pupuk hingga 60 persen. Produksi padi juga meningkat 11 persen meskipun luas lahan pertanian harus berkurang 10 persen karena dipasangi caren untuk kolam ikan.

"Dengan sistem ini petani nggak bingung lagi pupuk mahal akibat subsidi dikurangi. Ini tidak pakai pupuk subsidi saja sudah untung," kata Sumanto.

Pengembangan sistem mina padi

Ketua DPRD Jateng Sumanto dalam kegiatan tersebut ikut turun langsung memanen ikan nila dan padi yang menguning. Ia didampingi Kabid Usaha dan Pengembangan Komoditas Dinas Kelautan dan Perikanan Jateng, Imam Kadarusman dan anggota Pokdakan Jolotundo.

Menurut Sumanto, pengembangan mina padi di Kabupaten Karanganyar tersebut berawal dari keluhan petani terkait banyaknya hama tikus. Ide pengembangan Mina Padi muncul saat Sumanto berkunjung ke Kabupaten Banyumas. Maka pada tahun 2023 pihaknya mengusulkan bantuan Mina Padi untuk Kabupaten Karanganyar. 

Sistem Mina Padi dilakukan dengan menyisakan 10 persen luas persawahan untuk lahan caren. Lahan tersebut kemudian ditaburi bibit ikan. Menggunakan sistem tersebut, petani bisa menghemat penggunaan pupuk urea dan masalah hama tikus teratasi.

Sebab tikus yang hendak memakan padi terhalang oleh air. Persawahan di Kelurahan Jungke tersebut sudah 2 kali panen padi dan sekali panen ikan nila. "Dikasih ini (Mina Padi) tikusnya nggak ada. Produksi beras juga meningkat. Petani jadi untung, apalagi saat ini harga beras bagus." 

Lebih lanjut Sumanto mendorong mina padi terus dikembangkan karena hasilnya bagus. Ia mengakui masih ada tantangan penerapan Mina Padi. Yaitu terkait pola pikir dan kebiasaan petani. Namun ia meyakini, para petani akan tertarik jika sudah mendapati bukti hasil pertanian yang meningkat.

"Para petani ini bertani berdasarkan kebiasaan mereka. Padahal sekarang teknologi pertanian sudah berkembang. Ini bukti nyata. Kalau sudah dua atau tiga kali panen mereka akan tertarik karena selain panen padi, ada penghasilan lain dari panen ikan," paparnya.

Terkendala pola pikir petani

Kabid Usaha dan Pengembangan Komoditas Dinas Kelautan dan Perikanan Jateng, Imam Kadarusman juga membenarkan hal tersebut. "Kendalanya ada pada pola pikir dan habit para petani. Budaya petani saat ini mengelola padi saja." 

Ia menambahkan, mina padi baru pertama kali dikembangkan di Kabupaten Karanganyar. Sebelumnya sistem tersebut dikembangkan di Kabupaten Banyumas, Purbalingga, dan Banjarnegara.

Sumber: