Desember, Bantuan Pupuk Bersubsidi dan Benih Padi Disalurkan ke 92 Kelompok Tani di Kabupaten Tegal

Desember, Bantuan Pupuk Bersubsidi dan Benih Padi Disalurkan ke 92 Kelompok Tani di Kabupaten Tegal

PANEN - Petani saat panen padi dengan menggunakan alat dan mesin pertanian di Kabupaten Tegal. Desember nanti bantuan pupuk bersubsidi dan benih padi akan disalurkan.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Untuk meningkatkan produksi padi di Kabupaten Tegal, bantuan pupuk bersubsidi dan benih bakal disalurkan ke petani awal Desember nanti. Bantuan tersebut diberikan kepada 92 kelompok tani di Kabupaten Tegal.

Bantuan pupuk bersubsidi dan benih padi tersebut berasal dari Kementerian Pertanian (Kementan) yang disalurkan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (KP Tan) Kabupaten Tegal.

Selain benih padi dan pupuk bersubsidi jenis NPK, petani juga mendapat bantuan pestisida hayati. Bantuan itu diberikan kepada 92 Poktan yang tersebar di Kecamatan Adiwerna, Dukuhwaru dan Lebaksiu.

"Masing-masing kelompok jumlah bantuannya berbeda-beda. Karena bantuan ini menghitungnya pada luas lahan," ungkap Kepala Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Agus Sukoco melalui Kabid Pertanian Eka Agus Priyani, saat ditemui di kantornya, Kamis 23 November 2023.

BACA JUGA:Data Petani Penerima Pupuk Bersubsidi Harus Divalidasi, Tidak Ada yang Boleh Terlewat

Dia merinci, bantuan pupuk bersubsidi dan benih padi untuk Kecamatan Adiwerna ada 24 Poktan dengan luas lahan 345 hektare. Kemudian di Kecamatan Dukuhwaru 48 Poktan dengan luas lahan 700 hektare. 

Sementara bantuan pupuk bersubsidi dan benih padi di Lebaksiu hanya 20 Poktan dengan luas lahan 555 hektare.

Setiap hektare, akan mendapatkan bantuan benih padi sebanyak 25 kilogram, pupuk bersubsidi jenis NPK 100 kilogram dan pestisida hayati 1 paket.

"Itu semua bantuan hibah," imbuh Eka. "Awal Desember nanti, bantuan itu akan dikirim dari Kementan," katanya.

BACA JUGA:Mudah Nih! Beli Pupuk Bersubsidi Bisa Pakai KTP, Petani Boleh Tebus Tanpa Kartu Tani

Dia menjelaskan, bantuan pupuk bersubsidi dan benih padi ini tujuannya untuk meningkatkan produksi padi di Kabupaten Tegal. Pihaknya mengaku telah mengajukan anggaran ke pemerintah pusat agar para petani di Kabupaten Tegal dapat bantuan tersebut.

"Kita mengusulkan bantuan untuk luas lahan 1.600 hektare. Alhamdulillah usulan itu direalisasi," ujarnya.

Demikian informasi terkait bantuan pupuk bersubsidi dan benih padi untuk petani Kabupaten Tegal. Semoga bermanfaat. (adv)

Sumber: