Sejarah Waduk Cacaban Tegal dan Misteri 3 Makhluk Gaib yang Minta Tumbal

Sejarah Waduk Cacaban Tegal dan Misteri 3 Makhluk Gaib yang Minta Tumbal

Kisah Misteri dan Mitos Waduk Cacaban Tegal--

Ikan hasil pancingannya itu kecil kecil. Setelah siap ia melemparkan pancing yang berumpan ikan tadi.

Namun, sesaat setelah umpan itu masuk ke dalam air, nampak gelombang ombak besar mengarah ke tempat pancingannya. Saat ombak itu datang, ia mengaku melihat seperti ada sosok kepala manusia berenang dengan cepat ke arahnya.

Menurut pengakuannya, ia bahkan memasukkan tangannya ke dalam air karena takut itu adalah jasad korban yang tenggelam di Waduk Cacaban. Namun anehnya, sosok itu tiba-tiba menghilang dan air waduk tiba-tiba menjadi sunyi seperti tidak terjadi apa apa.

Sejarah Waduk Cacaban Tegal yang penuh hal mistis juga tidak bisa lepas dari kisah cungkir emas. Waduk Cacaban ini sebenarnya rancangan dan pembangunannya sudah dilakukan sejak zaman Belanda.

BACA JUGA: Mitos Waduk Kedungombo Grobogan Jawa Tengah, Konon Ada Kerajaan Gaib yang Dipimpin Seorang Ratu

BACA JUGA: Mitos Waduk Malahayu Brebes, Penunggunya Seekor Ular Raksasa Bernama Si Buntung

Namun saat orang-orang Belanda membangun waduk, waduk tersebut selalu longsor. Waduk itu dibangun kembali pada tahun 1952, dan pada saat pembangunan waduk dimulai ditancapkan sebuah cungkir emas di dalam waduk tersebut.

Hal ini dilakukan supaya waduk itu tidak terjadi longsor seperti saat di zaman Belanda. Masyarakat sekitar percaya jika ada yang menemukan cungkir emas itu berada dan diambil, waduk pasti akan mengalami longsor kembali.

Terlepas dari adanya cerita-cerita mistis dan mitos yang beredar dalam sejarah Waduk Cacaban, kita harus bersikap sopan di mana pun berada. Kangan bertingkah laku semau kita dan harus selalu menghormati tradisi - tradisi yang ada di suatu daerah agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

 

Sumber: