10 Tips Hadapi DC Pinjol yang Berkelakuan Tidak Baik, Jangan Gegabah dan Hadapi dengan Tenang

10 Tips Hadapi DC Pinjol yang Berkelakuan Tidak Baik, Jangan Gegabah dan Hadapi dengan Tenang

10 Tips Hadapi DC Pinjol yang Berkelakuan Tidak Baik, Jangan Gegabah dan Hadapi dengan Tenang pict-istockphoto--

Keempat, Tips hadapi DC Pinjol yang berkelakuan tidak baik harus Anda lakukan lainnya adalah dengan mengetahui hak-hak Anda. Pahami hak-hak Anda sebagai konsumen berdasarkan undang-undang yang berlaku, seperti Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan regulasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BACA JUGA:Aturan Pinjol Ilegal Terbaru, Marak Penyadapan dan Penyebaran Data Pribadi, Yakin Masih Mau Pinjam?

BACA JUGA:8 Cara Menjaga KTP agar Tidak Dijadikan Pinjol, Hati-hati Jangan Sembarang Klik Ini

5. Laporkan Pelanggaran

Kelima, Tips hadapi DC Pinjol yang berkelakuan tidak baik juga harus Anda lakukan adalah dengan laporkan sebagai pelanggaran. Jika debt collector melakukan intimidasi, pelecehan, atau tindakan tidak etis lainnya, segera laporkan ke OJK atau lembaga perlindungan konsumen terkait.

6. Pertimbangkan Bantuan Hukum

Keenam, Tips hadapi DC Pinjol yang berkelakuan tidak baik bisa dilakukan dengan pertimbangkan bantuan hukum. Jika situasi memburuk atau Anda merasa terancam, pertimbangkan untuk mencari bantuan dari pengacara atau lembaga bantuan hukum.

7. Hindari Pembayaran Tunai

Ketujuh, Tips hadapi DC Pinjol yang berkelakuan tidak baik selanjutnya adalah dengan menghindari pembayaran secara tunai. Jangan pernah membayar utang secara tunai kepada debt collector yang datang ke rumah Anda. Selalu lakukan pembayaran melalui metode yang dapat dilacak, seperti transfer bank.

8. Gunakan Alat Rekam

Kedelapan, Tips hadapi DC Pinjol yang berkelakuan tidak baik berikutnya adalah dengan menggunakan alat rekam. Jika diizinkan oleh hukum di wilayah Anda, rekam percakapan dengan debt collector yang berperilaku tidak baik.

BACA JUGA:Awas! 5 Pinjol Legal OJK Ini Punya DC Lapangan Paling Ditakuti Nasabah se Indonesia, Galbay 1 Bulan Auto Cemas

BACA JUGA:4 Cara Paling Jitu dan Ampuh Supaya Lolos Pengajuan Pinjol, Khusus untuk Nasabah yang Pernah Galbay

9. Hubungi Perusahaan Pinjol Langsung

Kesembilan, Tips hadapi DC Pinjol yang berkelakuan tidak baik lainnya bisa dilakukan dengan menghubungi oerusahaan pinjol secara langsung. Hubungi perusahaan pinjol langsung untuk mengkonfirmasi status utang dan menginformasikan tentang perilaku debt collector mereka.

Sumber: