8 Cara Menjaga KTP agar Tidak Dijadikan Pinjol, Hati-hati Jangan Sembarang Klik Ini

8 Cara Menjaga KTP agar Tidak Dijadikan Pinjol, Hati-hati Jangan Sembarang Klik Ini

8 cara menjaga KTP agar tidak dijadikan pinjol-freepik-

radartegal.id – Ketahui beberapa cara menjaga KTP agar tidak dijadikan pinjol. Terutama bagi pengguna aktif internet yang gemar browsing atau bermain media sosial.

Cara menjaga KTP agar tidak dijadikan pinjol ini sangat penting demi menjaga privasi Anda. Apalagi data KTP ini bersifat sensitif yang sangat fatal akibatnya jika sampai disalahgunakan.

Salah satu cara menjaga KTP agar tidak dijadikan pinjol tentu dengan tidak mengunggah foto kartu Anda sembarangan. Apalagi oknum pinjol ilegal dengan mudah bisa mendapatkan data-data korbannya hanya dengan lewat media sosial dan serangan cyber.

Selengkapnya di bawah 8 cara menjaga KTP agar tidak dijadikan pinjol yang bisa Anda lakukan. Pastikan Anda mengikuti cara-caranya agar privasi tetap terjaga.

BACA JUGA: 6 Orang yang Rentan Jadi Korban Pinjol, Mulai dari Gen Z sampai Pemilik Skor Kredit Buruk

8 cara menjaga KTP agar tidak dijadikan pinjol

Ada beberapa cara bisa Anda lakukan untuk mencegah KTP agar tidak disalahgunakan untuk pinjol. Berikut diantaranya langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

1. Jaga Kerahasiaan Informasi Pribadi

Hal paling pertama yang bisa Anda lakukan tentu dengan menjaga kerahasiaan informasi pribadi sendiri. Jangan berikan data sembarangan terutama KTP ke pihak yang tidak terpecaya, maupun platform yang tidak aman.

2. Perhatikan Privasi Online

Cara menjaga keamanan data KTP dari pinjol berikutnya yaitu memperhatikan privasi online. Jangan berikan data-data pribadi di media sosial atau platform sejenisnya secara sembarangan karena rawan bocor, sehingga mudah didapatkan oknum nakal.

3. Jangan Asal Klik Link

Cara menjaga KTP agar tidak dijadikan pinjol berikutnya yaitu tidak asal klik link di internet. Termasuk untuk tidak asal klik tautan yang dikirim via SMS atau email, maupun sejenisnya karena rawan terjadinya phising.

Sumber: