Arti Mitos Telapak Tangan Gatal Menurut Primbon Jawa dan Medis, Benarkah Bakal Dapat Rezeki?

Arti Mitos Telapak Tangan Gatal Menurut Primbon Jawa dan Medis, Benarkah Bakal Dapat Rezeki?

Mitos telapak tangan gatal, benar akan mendapatkan rezeki?--

Radartegal.id- Seperti kita ketahui, berbagai macam mitos banyak beredar dan bahkan cukup dipercaya dari sejak zaman dahulu hingga saat ini di Indonesia. Salah satu contohnya yang populer yakni mitos telapak tangan gatal.

 

Mitos telapak tangan gatal konon katanya sebagai pertanda yang terkait dengan kondisi ekonomi dan rezeki bagi seseorang yang mengalaminya. Namun apakah Anda percaya dengan pertanda tersebut?

 

Apakah benar terbukti kalau tiba-tiba telapak tangan gatal kanan maupun kiri akan mendapatkan rezeki? Untuk mengetahui penjelasan selengkapnya mengenai mitos telapak tangan gatal, cek lebih jelasnya di dalam artikel ini.

 

Dikutip dari kanal YouTube Malas Baca, berikut penjelasan mengenai mitos telapak tangan gatal. Baca hingga selesai supaya mendapatkan ilmu pengetahuan baru yah.

BACA JUGA: 10 Mitos tentang Tumbal Binatang, Benarkah Dianggap sebagai Simbol Pengorbanan?

BACA JUGA: 9 Mitos Seputar Hewan Serangga, Apakah Benar Kerap Dijadikan Simbol Kesehatan?

Mitos telapak tangan gatal

Di dalam catatan leluhur, mitos telapak tangan gatal memang menjadi suatu pertanda yang akan terjadi pada setiap orang yang mengalaminya. Pertanda tersebut berkaitan dengan masalah keuangan, rezeki dan perekonomian.

 

Akan tetapi bukan pertanda baik saja, tetapi juga bisa merupakan pertanda buruk. Jadi tergantung dari telapak tangan mana yang merasakan gatal.

 

1. Telapak Tangan Kiri Gatal

 

Untuk yang pertama, menurut primbon mujarobat peninggalan masa kesultanan Islam di Jawa, disebutkan bahwa apabila seseorang mengalami telapak tangan kiri gatal itu bisa menjadi pertanda dalam waktu dekat akan menerima sejumlah uang, keuntungan maupun rezeki nomplok tanpa diduga-duga.

 

2. Telapak Tangan Kanan Gatal

 

Namun berbeda dengan sebelumnya, telapak tangan kanan gatal menurut primbon justru merupakan pertanda buruk. Diyakini akan mengeluarkan sejumlah uang untuk suatu keperluan mendesak dalam waktu dekat.

BACA JUGA: 6 Mitos Pohon Bambu Menurut Primbon Jawa, Salah Satunya Dipercaya Menjadi Pembawa Keberuntungan

BACA JUGA: Mitos Goa Lawa di Purbalingga yang Kini Jadi Tempat Wisata, Konon Dulunya Persembunyian 2 Tokoh Besar Islam

Tentunya hal ini hanyalah ramalan saja dan bukan hal yang dapat dipastikan kebenarannya. Jadi mitos telapak tangan gatal, Anda bisa percaya atau tidaknya tergantung diri masing-masing.

 

Telapak tangan gatal menurut medis

 

Berbeda dengan mitos telapak tangan gatal dalam primbon Jawa, penyebab tangan gatal di dalam dunia medis ternyata lebih masuk akal. Berikut ini beberapa kondisi yang mungkin bisa menjadi penyebab telapak tangan gatal:

 

1. Kulit Kering

 

Mitos telapak tangan gatal yang berkaitan dengan rezeki tentu berbeda artinya dengan penjelasan medis. Untuk pertama penyebab telapak tangan gatal karena suhu yang terlalu dingin atau memiliki kebiasaan mencuci tangan berulang kali bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

Kulit yang kering tentunya dapat mengiritasi dan menyebabkan gatal. Untuk membantu meredakannya kamu bisa mengoleskan lotion pelembab ke kulit beberapa kali sehari. Cara ini dapat membantu kamu meredakan gatal.

BACA JUGA: Kerap Diidentikan Sahabat Limbad, Berikut 5 Mitos Pelihara Burung Hantu di Rumah

BACA JUGA: 5 Mitos Tentang Burung Tekukur, Pembawa Kerukunan hingga Kesialan

2. Psoriasis

 

Psoriasis merupakan sebuah kondisi kulit yang menyebabkan pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak terkendali. Kecepatan pertumbuhan sel-sel kulit yang meningkat dapat membuat sel kulit tidak dapat mengelupas secara alami.

 

Jadi sebaliknya, sel-sel kulit ekstra menumpuk di permukaan kulit. Selain telapak tangan gatal juga dapat menyebabkan nyeri sendi, kulit pecah-pecah.

 

3. Eksim

 

Kemudian ada eksim yang merupakan suatu kondisi yang membuat kulit terasa gatal, termasuk telapak tangan. Hal ini dapat menyebabkan bercak berwarna pada kulit di daerah yang terkena.

 

Biasanya akan berwarna merah, sementara yang lainnya mungkin berwarna coklat tua atau hampir abu-abu. Beberapa orang juga akan mengalami benjolan kecil yang menonjol dari kulit dan benjolan ini bisa pecah dan mengeluarkan cairan.

BACA JUGA: 7 Mitos Seputar Pohon Beringin yang Berkembang di Masyarakat, Nomor 1 Bikin Merinding

BACA JUGA: 7 Mitos Seputar Suara Kokok Ayam, Benarkah Salah Satunya Tanda Akan Datang Keberuntungan?

Demikian pembahasan mengenai mitos telapak tangan gatal dari segi primbon dan dunia medis. Semoga bermanfaat.

Sumber: