Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Putih, Jangan Anggap Remeh Sebelum Berakibat Fatal Pada Mesin

Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Putih, Jangan Anggap Remeh Sebelum Berakibat Fatal Pada Mesin

OTOMOTIF - penyebab knalpot motor mengeluarkan asap putih--

BACA JUGA: Kenali Penyebab Motor Matic Boros Bensin, Nomor 5 Jarang Disangka

BACA JUGA: 6 Penyebab Suara Knalpot Motor Matic Nembak, Nomor 4 Sebenarnya Bisa Diakalin

3. Seal Katup Mengalami Kebocoran

Pada setiap katup memiliki sebuah seal yang bisa mencegah kebocoran oli masuk ke manifold. Namun karena faktor penggunaan, seal dapat mengalami pengerasan yang menjadikan daya rapat menurun. 

Jadi penyebab knalpot motor mengeluarkan asap putih yaitu seal katup mengalami kebocoran yang secara otomatis oli dapat masuk secara mudah ke manufold atau masuk ke mesin. Solusinya yakni mengganti seal katup dengan yang baru.

4. Packing Kepala Silinder Rusak

Sistem ini berada di tengah sambungan blok silinder dan kepala silinder. Tugasnya yang sebagai perapat, seperti perapat ruang supaya tekanan kompresi tidak hilang dan untuk merapatkan jalur oli yang bermula dari bak oli menuju ke kepala silinder.

BACA JUGA: Perbedaan Fitur Pengereman ABS dan CBS Motor Honda, Mana yang Cocok dan Lebih Aman untuk Anda?

BACA JUGA: Ini Jadwal Waktu yang Pas Servis Motor Listrik, Apa Bedanya dengan Motor Bensin?

Namun, jika permukaan packing tersebut rusak maka tekanan kompresi dapat bocor dan oli akan mengalir keluar jalur. Apabila oli tersebut keluar mesin memang asapnya normal, namun banyak rembesan oli di permukaannya.

5. Kebocoran Cairan Pendingin

Penyebab yang ke lima yaitu jika asap putih disertai dengan bau manis dan mesin terasa cepat panas, hal ini bisa jadi indikasi kebocoran cairan pendingin. 

Kebocoran dapat terjadi pada paking kepala silinder yang rusak, blok mesin yang retak, atau silinder yang bengkok. Cairan pendingin yang tercampur dengan bahan bakar akan terbakar dan keluar sebagai asap putih.

Faktor yang mempengaruhi 

Sumber: