Perbedaan Fitur Pengereman ABS dan CBS Motor Honda, Mana yang Cocok dan Lebih Aman untuk Anda?

Perbedaan Fitur Pengereman ABS dan CBS Motor Honda, Mana yang Cocok dan Lebih Aman untuk Anda?

perbedaan fitur pengereman ABS dan CBS motor honda--

radartegal.id - Dalam perkembangan produk sepeda  motor, fitur dan teknologi pendukung keselamatan berkendara terus berkembang. Termasuk di dalamnya pada system pengereman ABS dan CBS pada motor Honda.

Fitur dan teknologi penunjang keselamatan berkendara pada sepeda motor Honda yang terkenal ini. Memiliki perbedaan dalam fitur Anti-lock Brake System (ABS) dan Combi Brake System (CBS).

Meski sama-sama bekerja pada sektor pengereman, perbedaan fitur pengereman ABS dan CBS motor Honda memiliki hal yang berbeda dalam fungsinya. ABS bekerja secara elektronik sementara CBS bekerja secara mekanis.

ABS Honda memungkinkan ban motor tidak mengalami slip saat pengendara melakukan panic braking atau pengereman mendadak. Sedangkan CBS Honda membuat pengereman lebih optimal karena rem depan dan belakang bekerja bersama. Simak sampai selesai.

BACA JUGA: Siap Saingi Honda BeAT, Yamaha Mio ZR 125 Terbaru Tampil dengan Mesin Hybrid

BACA JUGA: Jadi Produsen Sepeda Motor Terbaik di Dunia, 4 Motor Matic Honda Terbaru 2024 Ini Siap Manjakan Konsumennya

Perbedaan fitur pengereman ABS dan CBS pada motor Honda

1. Fungsi dan Kerja ABS

Perbedaan pertama pada ABS yang berfungsi menjaga ban motor tidak mengunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak sehingga risiko tergelincir akibat roda mengunci dapat dihindari. 

Fitur tersebut bekerja berdasarkan kerja sensor wheel speed yang mendeteksi roda dalam keadaan tidak berputar namun motor tetap melaju.

Informasi dari sensor tersebut akan diterima dan diolah oleh Electronic Control Unit (ECU). Kemudian data yang telah diolah oleh ECU akan memerintahkan ABS modulator mengatur tekanan fluida di dalam kaliper untuk memberikan tekanan pada cakram. 

BACA JUGA: Gen Z Wajib Ngerti! Ini 4 Perawatan Motor Honda Scoopy yang Gak Boleh Dilewatin

BACA JUGA: Daftar Harga Motor Honda Terupdate 2024, Iritnya Sangat Cocok untuk Beraktivitas Sehari-hari

Sumber: