Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Putih, Jangan Anggap Remeh Sebelum Berakibat Fatal Pada Mesin

Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Putih, Jangan Anggap Remeh Sebelum Berakibat Fatal Pada Mesin

OTOMOTIF - penyebab knalpot motor mengeluarkan asap putih--

Radartegal.id - Pernah lihat knalpot motor mengeluarkan asap putih? Hal tersebut sering kali kita temui di jalan. Penyebab knalpot motor yang mengeluarkan asap putih tentu akan berpengaruh ke performa motor itu sendiri.

Hal tersebut menjadi tidak nyaman untuk diri sendiri maupun untuk pengendara lain. Biasanya penyebab knalpot motor mengeluarkan asap tersebut karena adanya gangguan di dalam komponen mesin, utamanya pada proses pembakaran.

Salah satu ciri mesin sepeda motor yang sehat dapat dilihat dari asap knalpot. Jika knalpot mengepul asap yang berlebih atau kerap disebut ngebul, artinya pembakaran bermasalah dan wajib kita cari tahu penyebabnya. 

Berikut penyebab knalpot mengeluarkan asap putih yang menganggu pengendara lain, serta berakibat fatal jika tidak diperbaiki secepatnya. Hal ini bisa menjadi sebab keborosan BBM. Simak sampai selesai.

BACA JUGA: Tak Perlu ke Bengkel, Ini 8 Tips Menjaga Rem Motor Supaya Tetap Pakem

BACA JUGA: Awet dan Sulit Rusak, Kenapa Malah Motor Suzuki Kurang Laku di Pasar Indonesia?

Penyebab knalpot motor mengeluarkan asap putih

1. Ring Piston Kena (Aus)

Penyebab yang paling biasa terkait asap putih yaitu karena ring seher kena. Ring piston ada dua macam yakni ring kompresi dan ring oli. 

Ring kompresi ini memiliki tugas untuk merapatkan celah antara piston dan blok silinder supaya tekanan kompresi tidak mengalami kebocoran. Sedangkan ring oli memiliki tugas mencegah oli dari ruang engkol untuk masuk ke ruang bakar.

2. Linner / Silinder Mesin Kena (Aus)

Ketika mesin bekerja linner dan ring piston pasti akan bergesekan. Jadi dalam rentan waktu tertentu kedua komponen tersebut akan terjadi keausan. Apabila terjadi seperti ini, oli dapat dengan mudah masuk ke ruang bakar.

Gejalanya seperti mesin yang sulit hidup ketika dingin/saat silinder mulai aus dan loss power. Solusinya perlu melakukan bore up/membubut ulang linner silinder.

Sumber: