Kenali Penyebab Motor Matic Boros Bensin, Nomor 5 Jarang Disangka

Kenali Penyebab Motor Matic Boros Bensin, Nomor 5 Jarang Disangka

Penyebab motor matic boros bensin dan cara mengatasinya--

Radartegal.id - Banyak pengendara yang ingin mempunyai sepeda motor dengan performa bagus, tetapi tetap irit bensin. Namun, terkadang ada penyebab motor matic boros bensin yang luput dari perhatian, sehingga mengganggu kenyamanan dalam berkendara.  

Oleh karena itu, pengendara harus pintar dan berhati-hati dalam merawat sepeda motor agar tidak boros bensin. Dengan cara yang benar serta perawatan rutin bisa mengurangi masalah tersebut.

Penyebab motor matic boros bensin biasanya sering terjadi pada kendaraan yang terlalu lama tidak diservis, sehingga efisiensi bensin menjadi berkurang. Oleh karena itu, pastikan motor Anda terjaga dengan baik.

Berikut penyebab motor matic boros bensin lainnya dan cara mengatasinya agar tidak terjadi sehingga menyebabkan boncos penggunaan. Jangan lupa menservis di tempat bengkel resmi. Simak sampai selesai.

BACA JUGA: 9 Tips Atasi Ban Mobil Slip Saat di Jalan Licin, Utamakan Keselamatan Saat Berkendara

BACA JUGA: Ini Jadwal Waktu yang Pas Servis Motor Listrik, Apa Bedanya dengan Motor Bensin?

Penyebab motor matic boros bensin

1. Terlambat Ganti Oli

Pergantian oli mesin harus dilakukan secara rutin setiap 2 bulan, sedangkan oli gardan bisa mencapai 4 bulan. Setiap jenis  motor memiliki rekomendasi spesifik penggantian yang tercantum dalam buku panduan dari produsen.

Untuk motor matic seperti Honda dan Yamaha merekomendasikan penggantian oli mesin setiap 1.000 km dan oli gardan setiap 5.000 km.

2.  Filter Udara Kotor

Penyebab motor matic boros yaitu penggunaan filter udara kotor sehingga mengurangi aliran udara yang dibutuhkan oleh mesin, hal ini dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar. 

Filter udara seharusnya diganti setelah mencapai jarak tempuh tertentu, biasanya sekitar 16.000 km. Namun, di lingkungan yang berdebu, filter mungkin perlu diganti lebih sering.

Sumber: