Memiliki Daerah yang Luas, Pj Bupati Ingin Sosialisasi Antikorupsi Sampai ke Desa

Memiliki Daerah yang Luas, Pj Bupati Ingin Sosialisasi Antikorupsi Sampai ke Desa

Pj Bupati Brebes Iwanuddin Islandar berkeinginan mensosialisasikan antikorupsi sampai ke tingkat desa. (Istimewa)--

BREBES, rasartegal.id - Pj Bupati Brebes Iwanuddin Islandar berkeinginan mensosialisasikan antikorupsi sampai ke tingkat desa. Hal ini mengingat wilayah Kabupaten Brebes yang luas dan banyaknya jumlah penduduk. 

 

Menurutnya, upaya preventif tindak korupsi harus dilakukan secara masif dan kolaboratif. "Kami ingin berkolaborasi dengan KPK, kami punya banyak SDM, masyarakat ingin dibina dan dijadikan pilot projek Tim Penyuluhan Antikorupsi, dengan demikian kejadian pelanggaran penyelewengan dana desa misalnya, bisa diminimalisir," ujarnya.

 

Dalam kegiatan Roadshow Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi, di Pendopo Brebes, kemarin Iwan juga mengatakan, kalau sering melakukan pendidikan, sering memberikan pemberitahuan informasi-informasi maka masyarakat akan sadar. Dengan begitu, masyarakat otomatis akan melakukan tindakan pencegahan bersama Pemkab dan pihak terkait apabila ada indikasi korupsi.

 

"Kenapa Brebes terpilih sudah sesuai kriteria dari KPK, dan saya memastikan tidak ada kaitannya dengan Brebes sebagai target Operasi Tangkap Tangan (OTT) ataupun apa, kegiatan ini memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa korupsi ciri ciri kaya apa, cara mengantisipasinya, paling penting yakni pendidikan," tandasnya.

 

BACA JUGA: Pj Bupati Brebes Berharap Perolehan Bulan Dana PMI Capai Target

 

BACA JUGA: Pj Bupati Brebes Ajak KNPI Tunjukkan Aktivitas Positif: Gunakan Kesempatan Ini untuk Berdiskusi

 

Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK RI Amir Arif menyampaikan, Roadshow Bus KPK rutin dilakukan setiap tahun keliling di Pulau Jawa dan Sumatera. Roadshow ini juga memiliki tujuan memberikan pendidikan di daerah.

 

"Di Jawa Tengah sebenarnya tahun 2018 sudah pernah kami datangi, kebetulan Brebes belum, dan kami pilih untuk didatangi, melihat daerah mana yang prioritas dan dijadikan mitra," terangnya.

 

Amir menambahkan, daerah dipilih Roadshow Bus KPK ukurannya yaitu tiga indeks Monitoring Center for Prevention (MCP), Survei Penilaian Integritas (SPI), dan kerawanan politik uang. Ini penting karena mengatasi indeks semua itu bukan pekerjaan KPK sendirian, butuh Pemkab, masyarakat, forum dan semua stakeholder.

 

"Esensinya adalah jadikan momen ini bersama-sama meningkatkan pendidikan antikorupsi," tandasnya.

 

BACA JUGA: Pj Bupati Brebes Ajak Generasi Muda Mengingat Perjuangan Para Pendiri Bangsa

 

BACA JUGA: Pj Bupati Brebes Sebut Pekerja di Sektor Manufaktur Merupakan Tulang Punggung Kemajuan Industri

 

Terkait masih terjadi kades tersandung kasus korupsi dana desa, kata Amir, mengatasi risiko pelanggaran dengan tiga cara yakni pendekatan, penididikan yang harus dibarengi dengan pencegahan. Jadi mengatasi risiko pelanggaran dipengelolaan dana desa dapat dilakukan bersama.

 

"Penegak hukumnya iya, juga penegasan dari jajaran Pemkab dan kita semua bersama membangun sistem dan ekosistem pengelolaan dana desa yang baik, paling utama meningkatkan kesadaran masyarakat dari segala macam elemen masyarakat umum, pelajar ASN agar sadar antikorupsi," pungkasnya.

Sumber: