Bukan Lulusan IT, Menkominfo Budi Arie Setiadi Kini Disorot Usai PDN Dibobol Hacker

Bukan Lulusan IT, Menkominfo Budi Arie Setiadi Kini Disorot Usai PDN Dibobol Hacker

MENKOMINFO - Insiden pembobolan PDN menunjukkan bahwa tantangan di bidang keamanan siber semakin kompleks dan membutuhkan penanganan serius.-(Ilustrasi: Sekertariat Presiden)-

Karier Politik

Karier politik Budi dimulai ketika ia menjadi kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Di partai tersebut, ia pernah menjabat sebagai Ketua DPD PDIP DKI Jakarta periode 1998-2001. 

Pada periode 2005-2010, Budi dipercaya memegang jabatan Ketua Badan Penelitian dan Pengembangan DPD PDIP DKI Jakarta.

Karier politiknya makin menanjak ketika ia didapuk menjadi Ketua Umum Projo, organisasi relawan pendukung Joko Widodo, pada 2013-2024.

Pernah jadi jurnalis

Selain menjadi politikus, Budi juga memiliki latar belakang sebagai jurnalis. Ia adalah salah satu pendiri Harian Bergerak pada 1998. Sebelumnya, ia mengelola mingguan Media Indonesia pada 1994 hingga 1996. 

Budi juga merintis media mingguan ekonomi Kontan serta menjadi salah satu jurnalisnya pada 1996-2001. Kemampuan jurnalistik Budi telah terasah sejak bangku kuliah, ketika ia menjadi redaktur pelaksana media Suara Mahasiswa UI pada 1992-1993.

BACA JUGA: Kominfo Resmi Bakal Blokir Aplikasi X, Ternyata Ini Alasan Sebenarnya

Pendidikan Budi Arie Setiadi

Berbicara soal pendidikan, riwayat pendidikan Budi Arie Setiadi tidak sejalan dengan jabatan Menkominfo yang ia pegang saat ini. Ia merupakan lulusan S1 jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia tahun 1996. 

Budi kemudian melanjutkan pendidikannya di Program Pascasarjana Manajemen Pembangunan Sosial Universitas Indonesia pada 2006.

Pandangan Publik dan Upaya Pemulihan

Keberadaan Budi Arie Setiadi sebagai Menkominfo dengan latar belakang pendidikan yang tidak terkait dengan teknologi informasi menimbulkan berbagai pandangan di masyarakat. 

Beberapa pihak meragukan kemampuannya dalam mengatasi isu-isu teknis yang kompleks seperti serangan siber terhadap PDN. Namun, Budi tetap menunjukkan komitmennya untuk menyelesaikan masalah ini dengan bekerja sama dengan berbagai pihak terkait.

Sumber: