Peradaban Kerajaan Galuh Pernah Ada di Brebes, Candi Kuno di Desa Galuhtimur, Tonjong, Buktinya

Peradaban Kerajaan Galuh Pernah Ada di Brebes, Candi Kuno di Desa Galuhtimur, Tonjong, Buktinya

sejarah candi kuno di tonjong brebes--

Brebes, radartegal.id- Brebes ternyata tak hanya di kenal dengan bawang merah dan telor asinnya saja. Kota ini ternyata memiliki beberapa bangunan yang mengandung sejumlah sejarah seperti puing-puing candi kuno era Hindu klasik. 

Sejarah candi kuno di Brebes di temukan di Desa Galuhtimur Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Reruntuhan yang diperkirakan peninggalan zaman hindu klasik sekitar abad VII-XIII.

Penemuan sejarah candi kuno di Brebes itu berawal dari kegiatan inventarisasi desa. Sehungga banyak melibatkan aparat desa dan petugas perhutani serta masyarakat.

Ingin tahu lebih lengkap mengenai candi kuno di Brebes yang menjadi peninggalan zaman hindu klasik. Serta ditemukan  dalam kegiatan inventarisasi bukti sejarah desa. Simak sampai selesai 

BACA JUGA: Sejarah Candi Suroponolawean di Adiwerna Tegal, Saksi Peradaban Islam Pertama yang dibawa Bangsa Irak

BACA JUGA: Dipercaya Angker dan Kerap Dilarang Ditanam, Berikut 7 Mitos Pohon yang Diduga Jadi Tempat Makhluk Halus

Sejarah Candi Kuno di Tonjong, Brebes 

                                       

Reruntuhan candi kuno ditemukan di Desa Galuh Timur, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Reruntuhan puing candi yang terdiri batu bata dan batu andesit itu kemudian dijadikan destinasi wisata baru yang banyak dikunjungi wisatawan.

Temuan berawal dari kegiatan inventarisasi bukti sejarah desa yang melibatkan aparat desa dan petugas perhutani serta masyarakat.

Selain puing bangunan candi, di lokasi yang sama ditemukan pula dua arca Dwarapala yang terpenggal kepalanya dan bekas sumur berbentuk segi empat. 

BACA JUGA: 8 Kepercayaan Tradisional Jawa dengan Mitos Tertentu Sejak Berabad-abad Lamanya, Pasti Sering Dengar

BACA JUGA: Tak Melulu Soal Kematian, Ini Mitos Burung Masuk Rumah Menurut Primbon yang Masih Dipercaya hingga Sekarang

Bahan dasar bangunan candi kuno itu terbuat dari batu bata merah bukan batu andesit. Sedangkan arca Dwarapala yang ditemukan terbuat dari batu andesit.

Penemuan reruntuhan candi kuno pada Juni 2018 tersebut menunjukkan peta kekuasaan Hindu Klasik di wilayah Jawa Tengah bagian selatan.

Sumber: