Bongkar Abis 10 Ciri-ciri Oli Palsu yang Beredar di Pasaran, Jangan Sampai Kena Tipu

Bongkar Abis 10 Ciri-ciri Oli Palsu yang Beredar di Pasaran, Jangan Sampai Kena Tipu

MEKANIK - Dengan memilih oli yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan dan memahami ciri-ciri oli palsu, Anda dapat memastikan mesin kendaraan Anda tetap dalam kondisi sehat.-freepik-

Jika Anda menemukan oli dengan harga yang terlalu murah dan tidak masuk akal, ada baiknya untuk waspada karena besar kemungkinan itu adalah oli palsu.

BACA JUGA: Segudang Keunggulan Oli Mobil Full Sintetik Dibanding Oli Biasa, Bikin Peforma Mobilmu Jauh Lebih Gahar

BACA JUGA: 6 Kelebihan Yamaha MT-15 2024, Dilengkapi Fitur Liquid Cooling Menjaga Suhu Motor Tetap Stabil

4. Nomor Produksi

Setiap produk oli asli memiliki nomor produksi yang tercetak pada tutup dan bodi botol kemasan. Anda dapat memeriksa kesesuaian nomor produksi ini. 

Jika nomor produksi pada tutup dan bodi botol sama, maka oli tersebut kemungkinan besar asli. Namun, jika nomor produksi berbeda, hampir dapat dipastikan bahwa oli tersebut adalah oli palsu.

5. Warna

Warna oli juga dapat membantu Anda mengenali keaslian produk. Oli palsu cenderung memiliki warna yang lebih pekat dan keruh, sementara oli asli biasanya memiliki warna yang cerah dan bersih. Perbedaan ini bisa terlihat jelas ketika Anda memeriksa cairan oli secara langsung.

6. Tekstur Cairan

Tekstur cairan oli juga menjadi ciri yang membedakan. Oli palsu biasanya lebih kental dan tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Oli yang terlalu kental atau terlalu encer bisa menyebabkan kerusakan pada mesin. Oli asli biasanya memiliki kekentalan yang sesuai dengan spesifikasi yang tercantum pada kemasan.

BACA JUGA: Cara ganti Oli Motor Matic yang Perlu Pengguna Tahu, Tidak Harus Ganti di Bengkel Loh

BACA JUGA: Mitos Gunung Tampomas Banjarnegara, Kutukan 2 Cinta Sejoli yang Tidak Direstui

7. Label

Sumber: