Perbandingan Risiko Galbay Bank dan Pinjol, Mana Lebih Berisiko untuk Debitur?

Perbandingan Risiko Galbay Bank dan Pinjol, Mana Lebih Berisiko untuk Debitur?

Perbandingan risiko galbay bank dan pinjol-freepik-

- Risiko Kebangkrutan 

Perbandingan risiko galbay bank dan pinjol dalam urusan kebangkrutan perusahaan bisa sama-sama terjadi. Namun, biasanya bank umum yang sudah besar lebih stabil secara finansial ketimbang pinjaman online.

BACA JUGA: Kekurangan Pinjam Modal Usaha dengan Pinjol, Para Pelaku Bisnis Wajib Tahu Hal-hal Ini

BACA JUGA: Pinjol Tanpa Rekening Bank yang Langsung Cair

2. Pinjol

- Bunga dan Biaya Tambahan 

Bedanya pinjam uang di bank dan pinjol yang paling dipikirkan debitur tentunya biaya-biaya bunga dan tambahan lainnya. Biasanya pinjol memberikan bunga yang lebih tinggi dibanding bank tradisional. 

Entah itu biaya tambahan seperti biaya keterlambatan atau biaya administrasi juga bisa menjadi beban tambahan. Apalagi jika pinjam di pinjol ilegal yang menerapkan banyak biaya tambahan secara tidak transparan.

- Kurangnya Regulasi 

Perbandingan risiko galbay bank dan pinjol berikutnya terkait regulasi yang ditetapkan. Sebagian pinjol mungkin tidak sepenuhnya diatur dengan baik, sehingga bisa meningkatkan risiko bagi peminjam terkait transparansi dan perlindungan konsumen.

- Praktik Penagihan yang Agresif 

Perbedaan pinjam uang di bank dan pinjol yaitu adanya praktik penagihan agresif, terutama dari pinjaman online. Pinjol kini banyak memiliki debt collector yang siap menagih utang ke rumah debiturnya yang gagal atau telat bayar.

BACA JUGA: 4 Penyebab Pengajuan Pinjol Selalu Ditolak Berikut Tips Lengkap Agar Langsung ACC

BACA JUGA: 10 Cara Aman Lunasi Hutang Lebih dari Satu Pinjol, Yuk Kaum Galbay Wajib Merapat

Sumber: