9 Cara agar Data Tidak Disalahgunakan Pinjol, Tingkatkan Keamanannya dengan Hal-hal Ini

9 Cara agar Data Tidak Disalahgunakan Pinjol, Tingkatkan Keamanannya dengan Hal-hal Ini

9 cara agar data tidak disalahgunakan oleh pinjol-freepik-

3. Pahami Kebijakan 

Cara melindungi data diri pinjol selanjutnya dengan memahami kebijakan yang diterapkan. Pastikan Anda mengerti bagaimana data pribadi Anda akan digunakan, serta apakah pinjol tersebut memiliki kebijakan yang jelas tentang privasi.

4. Gunakan Informasi yang Minimal 

Cara agar data pinjol aman dari penyalahgunaan yaitu berikan informasi secukupnya saja. Jangan memberikan informasi yang tidak relevan atau sensitif jika tidak diperlukan.

5. Gunakan VPN dan Keamanan Internet

Untuk perlindungan tambahan, ketika Anda mengakses situs web atau aplikasi pinjol, pastikan Anda menggunakan koneksi internet yang aman. Contohnya melalui VPN (Virtual Private Network), terutama jika Anda mengaksesnya dari hotspot umum.

6. Hati-hati Phishing 

Anda juga harus waspada dengan phising atau penipuan online yang biasanya meretas informasi pribadi, sampai keuangan Anda. Pastikan Anda hanya berinteraksi dengan situs web dan aplikasi pinjol yang resmi OJK.

BACA JUGA: 4 Alternatif Pinjol yang Aman untuk Penuhi Kebutuhan Mendesak, Fleksibel dengan Bunga Rendah

7. Monitor Aktivitas dan Laporan Kredit

Cara agar data tidak disalahgunakan pinjol yaitu dengan rutin cek aktivitas keuangan dan laporan kredit Anda. Pastikan tidak ada aktivitas yang mencurigakan atau tidak sah terkait dengan informasi pribadi Anda.

8. Hubungi Penyedia Layanan 

Cara mengamankan informasi pribadi pinjol bisa juga dengan hubungi penyedia layanan terkait soal perlindungan data Anda. Anda bisa hubungi CS atau customer service layanan pinjol terkait untuk meminta klarifikasi atau meminta informasi lebih lanjut.

9. Ganti Informasi Kontak 

Sumber: