5 Cara Aman Keluar dari Pinjol Ilegal, Waspada Penyebaran Data Pribadi yang Bikin Rugi Luar Dalam

5 Cara Aman Keluar dari Pinjol Ilegal, Waspada Penyebaran Data Pribadi yang Bikin Rugi Luar Dalam

cara aman keluar dari pinjol--

Cara yang keuda ketika kamu sudah terbebas dari pinjaman ilegal, berjanjilah pada diri sendiri untuk tidak mengambil pinjaman dari pinjol ilegal. Jadikan pengalaman terjebak pinjol ilegal sebagai pengalaman buruk yang tidak akan pernah kamu ulangi lagi.

BACA JUGA: Lebih dari 100 DC lapangan dan 900 Pinjol Ilegal Diblokir oleh OJK, Galbay Ga Usah Bayar?

BACA JUGA: Jangan Langsung Tergiur Wir! Ini 4 Bahaya Pinjol Cepat Cair yang Justru Bikin Bangkrut?

4. Menghubungi Perusahaan Pinjol

Apabila kalian terus dihubungi oleh nomor telepon pinjol, maka usahakan untuk tidak menghindar, seperti mengganti nomor atau memblokir nomor pinjol.

Sebaiknya, sampaikan secara baik-baik bahwa kalian akan membayar, namun sampaikan juga kondisi keuangan dan rencana pembayaran tunggakan hutang tersebut.

Atau, hubungi kontak perusahaan secara langsung untuk menceritakan kondisi keuangan secara transparan, misal sedang dalam kesulitan sehingga harus menunda pembayaran.

5. Prioritaskan Hutang dengan Bunga Besar

Jika kalian memiliki jeratan hutang lebih dari satu, maka memprioritaskan hutang dengan bunga paling besar adalah salah satu cara lepas dari pinjol yang perlu dicoba.

Kalian dapat menuliskan pokok kredit, bunga, tenor, serta jumlah cicilan perbulan untuk masing-masing hutang. Jika sudah dibuat daftar, fokuslah untuk membereskan hutang dengan kredit pokok terbesar.

Apabila hutang paling besar sudah terselesaikan, maka kalian bisa beranjak untuk melunasi hutang-hutang lainnya sesuai urutan.

BACA JUGA: 5 Aturan Terbaru Penagihan DC Pinjol 2024, Nasabah Galbay Wajib Tahu!

BACA JUGA: Frustasi Karena Pengajuan Pinjol Selalu Ditolak? Ini Penyebab dan Solusinya

Jebakan pinjol ilegal 

1. Jangka Waktu Pelunasan Sangat Singkat

Sumber: