Bongkar Mitos Makan Daging Kambing Menjelang Idul Adha, Apakah Benar Bisa Bikin Darah Tinggi?

Bongkar Mitos Makan Daging Kambing Menjelang Idul Adha, Apakah Benar Bisa Bikin Darah Tinggi?

Mitos Makan Daging Kambing--

radartegal.idDaging kambing, selama bertahun-tahun, telah menjadi subjek perdebatan di kalangan masyarakat, terutama terkait dengan mitos makan daging kambing yang disebut bisa sebabkan darah tinggi.

Menjelang hari raya Idul Adha semakin banyak diperbincangkan kembali tentang mitos-mitos yang berkaitan dengan makan daging kambing. Simak berikut ini beberapa mitos yang beredar di masyarakat.

1. Tingkatkan Risiko Tekanan Darah Tinggi

Sebuah anggapan umum di masyarakat adalah bahwa mengonsumsi daging kambing secara berlebihan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini.

Penelitian menyatakan bahwa tidak ada korelasi langsung antara konsumsi daging kambing dan tekanan darah tinggi. Jadi, jangan ragu untuk menikmati hidangan daging kambing sesekali tanpa khawatir akan dampak kesehatannya.

BACA JUGA: 3 Benda Kramat yang Dipercaya Membawa Keberuntungan, Mitos atau Beneran Nyata?

BACA JUGA: Mitos Curug Cipendok Banyumas Jawa Tengah, Konon Dihuni Makhluk Halus Berwujud Peri

Meskipun daging kambing sendiri tidak secara langsung merugikan kesehatan, cara memasaknya bisa menjadi masalah. Penggunaan banyak minyak, garam berlebihan, atau pemakaian santan kental dalam proses memasak dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. 

2. Mitos Makan Daging Kambing Meningkatkan Gairah 

Sebuah mitos yang umum adalah bahwa konsumsi daging kambing dapat meningkatkan gairah seksual karena kandungan arginin di dalamnya. Namun, ini sebenarnya tidak benar, efek panas yang mungkin dirasakan setelah makan daging kambing bukanlah karena meningkatnya gairah seksual.

Melainkan reaksi tubuh terhadap nutrisi yang terkandung dalam daging tersebut. Meskipun daging kambing memiliki reputasi yang kurang baik, terutama terkait dengan mitos-mitos yang beredar, penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa daging kambing sebenarnya kaya akan nutrisi penting.

Ini termasuk zat besi, protein, dan vitamin B yang sangat diperlukan, terutama selama kehamilan. 

3. Bumil Dilarang Makan Daging Kambing

Sumber: