Massif Sosialisasikan Pancasila, BPIP Bakal Gunakan Media Sosial Tiktok dan Instagram

Massif Sosialisasikan Pancasila, BPIP Bakal Gunakan Media Sosial Tiktok dan Instagram

RAPAT KERJA- Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D saat rapat kerja bersama DPR RI, Selasa, 11 Juni 2024.-Istimewa-Radartegal.disway.id

JAKARTA, radartegal.id- Akan massif mensosialisasikan Pancasila ke setiap lini kehidupan, termasuk generasi muda, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D menyebut Tiktok dan Instagram sebagai media sosial yang akan digunakan. Hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden pada saat dirinya dilantik sebagai Kepala BPIP di Istana, 7 Juni 2024, 2022 lalu.

Mengingat kepiawaian generasi muda dalam bermedia sosial dan dalam membuat konten, BPIP menilik pentingnya Ideologi Pancasila harus masuk ke generasi milenial, Gen Z dan alfa dengan menggandeng content creator, youtuber, influencer dan tiktoker dalam membumikan dan mengarusutamakan nilai-nilai luhur Pancasila sesuai dengan caranya yang kekinian.

Hal itu disampaikan BPIP saat bersama Kementerian Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, dan Kantor Staf Presiden menghadiri Rapat Kerja bersama Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), di Gedung Nusantara DPR RI, Jakarta, Selasa, 11 Juni 2024.

Pada agenda pertama, Prof. Yudian Wahyudi menyampaikan  Pendahuluan Evaluasi Pelaksanaan Program dan Kegiatan Anggaran Tahun 2023, Rencana Kerja Pemerintah dalam Struktur Anggaran Tahun 2024, dan Pembahasan RAPBN Tahun Anggaran 2025.

“Realisasi anggaran BPIP Tahun 2023 sebesar Rp335.364.672.060,00 atau sebesar 96,41% dari total pagu tahun 2023,” ucap Prof. Yudian.

Dari realisasi angaaran Tahun 2023, Prof. Yudian menjelaskan capaian strategis BPIP pada tahun 2023, anata lain; Gerakan Aksi Pancasila dan Gotong Royong Melawan Stunting, Sosialisasi Pancasila kerjasama dengan DPR RI Jumlah 54 Lokus, Penganugerahan Ikon Prestasi Pancasila Tahun 2023, Pengkajian dan Penyelarasan Peraturan Perundangundangan Selaras dengan Nilai-nilai Pancasila.

Lalu Penyusunan dan Peluncuran Buku Teks Utama Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah PAUD s.d SMA, Sertifikasi bagi Pengajar/ Penceramah Pendidikan dan Pelatihan PIP, Pembinaan Ideologi Pancasila melalui Pelatihan Eksekutif Nasional (PEN) kepada K/ L dan Pemerintah Daerah, Kerjasama BPIP LAN MENPAN ANRI, Pembinaan Ideologi Pancasila kepada Generasi Muda melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, dan Opini atas Laporan Keuangan BPIP oleh BPK (5 kali berturut-turut memperoleh opini WTP atas LK Tahun 2019 – 2023).

Selanjutnya, Prof. Yudian menjabarkan kegiatan strategis dalam Struktur Anggaran Tahun 2024 yang meliputi Sosialisasi nilai-nilai Pancasila dengan melibatkan Lembaga Tinggi Negara, Anggota Legislatif, Kementerian/ Lembaga dan Perangkat Daerah. Monitoring, Evaluasi dan Sosialisasi Buku Teks Utama Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Penyelarasan dan harmonisasi Indikator nilai-nilai Pancasila terhadap rancangan peraturan-peraturan Kerjasama dengan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah. Penyempurnaan Arah Kebijakan, Peta Jalan, dan Penyelenggaran Diklat Pembinaan Ideologi Pancasila.

“Kemudian Akreditasi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila, Pelaksanaan Pelatihan Training of Trainer (ToT) Pembinaan Ideologi Pancasila, Sertifikasi kepada pendidik dan pelatih Diklat Pembinaan Ideologi Pancasila, Standardisasi dan kurikulum pendidikan dan pelatihan pembinaan ideologi Pancasila, Rekrutmen, Seleksi dan Diklat Paskibraka, Serta Penetapan Purnapaskibraka Duta Pancasila, Pengukuran Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila, dan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024,” ucapnya.

Kepala BPIP menyebut Anggaran BPIP dari tahun 2023 sampai dengan tahun 2025 terus mengalami penurunan. Anggaran BPIP Tahun 2024 turun sebesar Rp15.227.428.000,00 atau sebesar 4,26% dari tahun 2023. Dan pagu anggaran BPIP tahun 2025 turun sebesar Rp42.840.690.000,00 atau sebesar 12.52% dari tahun 2024.

Selanjutnya dalam agenda pembahasan pembicaaan pendahuluan RAPBN Tahun Anggaran 2025. BPIP mengajukan usulan tambahan anggaran tahun 2025 dengan total senilai Rp100.000.000.000,00.

Anggaran itu akan digunakan untuk membiayai kegiatan strategis, salah satunya Penguatan Jaringan Relawan Pancasila melalui penanaman nilai-nilai Pancasila dengan melibatkan Pemerintah, Lembaga Legislatif dan Komponen Lainnya, Fasilitasi pelaksanaan pembinaan Paskibraka dan purnapaskibraka duta Pancasila, dan Pelaksanaan Sosialisasi Pancasila untuk Content Creator, Youtuber, Influencer, Tiktoker.

Sumber: