5 Risiko Pinjol Tanpa KTP yang Jarang Disadari, Terlihat Efisien tapi Bisa Berakibat Fatal

5 Risiko Pinjol Tanpa KTP yang Jarang Disadari, Terlihat Efisien tapi Bisa Berakibat Fatal

5 risiko pinjol tanpa KTP-freepik-

BACA JUGA: 7 Tips Menjaga Keuangan Tetap Aman Walau Pakai Pinjol

BACA JUGA: Bongkar Semua Penyebab Pengajuan Pinjol Selalu Gagal, Ternyata Solusinya Gampang Kok

Hal ini termasuk kepada pengguna yang tidak mampu membayar kembali pinjaman tersebut. Tentunya hal seperti ini bisa menyebabkan kemerosotan keuangan bagi peminjam dan memperburuk masalah hutang.

3. Pengabaian Hak Konsumen 

Ajukan pinjol tanpa setor KTP juga bisa menimbulkan risiko adanya pengabaian hak konsumen, lho. Pinjaman tanpa KTP biasanya tidak mematuhi regulasi dan peraturan yang mengatur praktik pinjaman yang adil dan bertanggungjawab. 

Hal seperti ini bisa mengabaikan hak-hak konsumen, seperti hak untuk mendapatkan informasi yang jelas tentang biaya pinjaman, suku bunga, serta ketentuan lainnya yang penting dan riskan.

4. Penagihan Hutang yang Agresif 

Risiko pinjol tanpa KTP lainnya yaitu adanya tindak penagihan hutang yang agresif. Bukan hal tidak mungkin pengguna akan mengalami tindakan tidak etis saat ditagih hutangnya.

BACA JUGA: 5 Cara Blokir Akses Pinjol agar Tidak Diganggu Lagi, Salah Satunya Bisa Pakai Aplikasi Gratis Ini

BACA JUGA: 7 Tips Menjaga Keuangan Tetap Aman Walau Pakai Pinjol

Entah itu berupa ancaman, intimidasi, sampai ke pelecehan verbal. Hal seperti ini dilakukan agar si debitur mau segera melunasi hutangnya segera.

5. Keterlibatan dalam Kejahatan Keuangan 

Dampak buruk pinjam uang di pinjol tanpa KTP selanjutnya yaitu adanya kemungkinan terlibat dalam tindak kejahatan keuangan. Entah itu seperti pencucian uang, penipuan atau pendanaan terorisme.

Hal ini bisa terjadi akibat kurangnya pengawasan dan verifikasi identitas. Meski tidak terlibat secara langsung, bisa saja si debitur ikut terseret dalam masalah yang dibuat oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Sumber: