Sejarah Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, Jawa Tengah, yang Direncanakan Bisa Bertahan Hingga Satu Abad

Sejarah Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, Jawa Tengah, yang Direncanakan Bisa Bertahan Hingga Satu Abad

sejarah waduk gajah mungkur wonogiri--

Waduk Gajah Mungkur mulai diisi pada Juli 1981 dan diresmikan Presiden Soeharto, 17 November 1981. Pembangunan waduk ini menghabiskan biaya sebesar US$ 111,056 juta atau sekitar Rp69,5 miliar saat itu. 

Waduk serba guna Mungkur direncanakan berumur 100 tahun atau hingga tahun 2050. Namun, sedimentasi menyebabkan umur waduk ini diperkirakan tidak akan selama itu. Sedimentasi yang terjadi di waduk ini salah satunya disebabkan parahnya kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo.

Pernah dilakukan penghijauan di sekeliling waduk dengan menggunakan pinjaman dari Bank Dunia, tetapi sedimentasi tetap terjadi, karena perubahan fungsi lahan di bagian hulu Bengawan Solo. Meski terus mengalami sedimentasi, sejak September 2022 Waduk Gajah Mungkur direnovasi dan akan rampung Desember 2023. 

BACA JUGA: Sejarah Julukan Haven Zucker Kota Tegal yang Menjadi Permulaan Pelabuhan Tegal

BACA JUGA: Berdiri Sejak 1915, Ini Sejarah Klenteng Hok Ie Kiong di Slawi yang Menjadi Tempat Ibadah Penganut Tionghoa

                                   

Kesimpulan 

Sejarah waduk gajah mungkur ditemukan beberapa kemunculan makan kuno yang berada didasar waduk, ide pembangunan Waduk Gajah Mungkur berasal dari RM Sarsito Mangunkusumo yang saat itu menjabat Kepala Pekerjaan Umum Mangkunegaran di Surakarta pada tahun 1941.

Waduk serba guna Gajah Mungkur direncanakan berumur 100 tahun atau hingga tahun 2050. Demikian informasi mengenai sejarah Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri, Jawa Tengah, semoga bermanfaat.

Sumber: