4 Daftar Daerah Incaran Debt Collector Pinjaman Online, Ada Nama Kota Anda?

4 Daftar Daerah Incaran Debt Collector Pinjaman Online, Ada Nama Kota Anda?

Daerah Incaran Debt Collector--

4. Jawa Timur

Khususnya di Kota Surabaya, persentase pengguna pinjaman online mencapai sekitar 2,81%. Meskipun pada awal tahun 2023 berada di peringkat ketiga setelah Jawa Barat, namun sekarang telah turun menjadi peringkat keempat setelah Jakarta. Ini menandakan bahwa masyarakat Surabaya semakin sadar akan risiko menggunakan pinjaman online dan mulai menghindarinya.

Melihat data ini, menjadi jelas bahwa masyarakat semakin teredukasi tentang risiko menggunakan pinjaman online dan mulai mengambil tindakan untuk menghindarinya. Dengan demikian, penting bagi masyarakat untuk terus waspada dan bijak dalam mengelola keuangan mereka untuk menghindari jebakan pinjaman online yang dapat mengancam stabilitas finansial mereka.

3 Hal menghindari penipuan DC

1. Periksa data pribadi

Sebelum kamu memberikan bayaran kepada penagih utang pinjol yang datang, penting bagi kamu memeriksa data pribadi yang mereka miliki. Cara ini menjadi yang terpenting, sebab untuk menghindari penipuan.

Pastikan bahwa data pribadi yang dimiliki penagih adalah benar. Jika terjadi suatu kesalahan atau informasi data yang tidak sesuai, maka kamu bisa menantang keabsahan klaim dari penagih utang tersebut.

2. Periksa identitas DC

Tak hanya mengetahui data pribadi yang dimiliki DC, tetapi kamu juga perlu tahu siapa yang datang menagih utang tersebut. Maka, periksalah identitas sang penagih yang diberikan oleh perusahaan pinjol untuk memastikan ia benar karyawan yang bertugas atau tidak.

Langkah ini dilakukan untuk melindungi diri dari intimidasi dan paksaan yang mungkin saja bisa terjadi. Pastikan bahwa identitas yang ditunjukkan sah, tetapi jika tidak kamu bisa menolaknya.

3. Minta bukti surat tugas resmi

Mereka yang bertugas menagih utang biasanya mendapatkan tugas langsung dari perusahaan pinjol terkait. Untuk membuktikan kebenaran bahwa DC yang datang benar dari pihak pinjol legal yang kamu utangi, maka mintalah bukti surat tugas resmi mereka.

BACA JUGA: 4 Alasan Pinjol Tanpa DC Lapangan Minta Akses Lokasi, Tidak Selalu Penipuan Kok

BACA JUGA: Nasabah Galbay Wajib Tahu! Ini Ciri-ciri DC Pinjol Datang ke Rumah, Tak Perlu Panik

Sumber: