6 Mitos yang Terkenal di Bali dan Dipercaya sampai Sekarang, Salah Satunya Makhluk Mitologi Ini

6 Mitos yang Terkenal di Bali dan Dipercaya sampai Sekarang, Salah Satunya Makhluk Mitologi Ini

6 mitos yang terkenal di Bali -freepik-

BACA JUGA: Mitos Burung Hantu yang Diselimuti Mistis, Salah Satunya Kerap Dianggap Jadi Pertanda Kematian

3. Barong dan Rangda 

Mitos yang terkenal di Bali lainnya ini juga termasuk makhluk mitologi selain Leak, yaitu Barong dan Rangda. Kedua tokoh ini termasuk dalam tradisi tari di Pulau Dewata yang mewakili kebaikan dan kejahatan. 

Penduduk percaya bahwa Rangda memiliki kekuatan magis yang kuat dan bisa menyebabkan kerusakan. Sementara Barong merupakan makhluk magis yang memiliki sifat baik dan biasanya selalu bertarung dengan Rangda, sang kegelapan.

Barong dan Rangda ini seringkali dipentaskan saat upacara agama Hindu. Selain itu juga wisatawan bisa melihatnya di pertunjukan hiburan di saat tertentu.

4. Taksu 

Mitos yang terkenal di Bali selanjutnya yaitu Taksu, yang merupakan kekuatan spiritual atau energi. Konon Taksu ini dimiliki oleh seorang seniman atau pendeta dalam seni tradisional Bali seperti tari, gamelan, atau lukisan. 

BACA JUGA: Mengenal Upacara Usaba di Bali, Dilakukan Sebagai Bentuk Penghormatan Dewa-dewa

BACA JUGA: 5 Mitos Tentang Pohon Kamboja, Dikaitkan dengan Kematian dan Mengundang Makhluk Halus

Penduduk percaya bahwa taksu ini merupakan hasil dari hubungan erat dengan dewa-dewa dan roh nenek moyang. Di era modern seperti sekarang, Taksu ini bisa dimiliki oleh orang tertentu dan biasanya merupakan pelaku seni.

5. Niskala dan Sekala 

Kepercayaan mistis di Bali berikutnya yaitu soal niskala (alam gaib) dan sekala (alam nyata), yang merupakan bagian integral dari kepercayaan Hindu. Penduduk percaya bahwa niskala dan sekala ini saling terkait.

Mereka percaya bahwa manusia harus mempertahankan keseimbangan antara keduanya untuk mencapai keselarasan dalam kehidupan. Maka dari itu penduduk sering melakukan persembahan untuk sekala dan niskala.

Sumber: