6 Mitos yang Terkenal di Bali dan Dipercaya sampai Sekarang, Salah Satunya Makhluk Mitologi Ini

6 Mitos yang Terkenal di Bali dan Dipercaya sampai Sekarang, Salah Satunya Makhluk Mitologi Ini

6 mitos yang terkenal di Bali -freepik-

Radartegal.id – Ada sejumlah mitos yang terkenal di Bali dan dipercaya masyarakatnya sampai saat ini. Hal-hal seputar mitos ini tentu tidak luput dari kisah mistis atau mitologi yang sudah jadi warisan budaya daerah setempat.

Mitos yang terkenal di Bali yang masih dipercaya ini bahkan beberapa di antaranya sering dipentaskan dalam suatu acara. Tidak hanya terkenal di kalangan penduduk lokal, bahkan wisatawan luar daerah juga sudah sering mendengar cerita-ceritanya.

Meski cukup seram, mitos yang terkenal di Bali ini sekaligus jadi daya tarik tambah Pulau Dewata di kalangan pelancong. Tidak sedikit yang sengaja datang untuk langsung merasakan warisan budaya yang sudah dipercaya turun temurun ini.

Pembahasan selengkapnya di bawah 6 mitos yang terkenal di Bali yang sering berkembang di masyarakat. Mulai dari makhluk mitologi sampai seni tari tertentu.

BACA JUGA: 7 Mitos tentang Barong sang Makhluk Mitologi asal Bali, Penjaga Kebaikan Berwajah Seram

BACA JUGA: Sejarah Asal-usul dan Mitos Wisata Curug Putri, Konon Tempat Turunnya Bidadari dari Kahyangan ke Bumi

6 Mitos yang terkenal di Bali 

Indonesia memang tidak luput dari mitos-mitos tertentu di tiap daerahnya yang sudah menjadi kepercayaan penduduk lokalnya, begitu juga Bali. Berikut di antaranya.

1. Kuntilanak 

Sosok kuntilanak ini pasti sudah terkenal di Indonesia dan sangat sering beredar di masyarakat. Sosok ini termasuk salah satu hantu perempuan di mitologi Jawa-Bali, yang diyakini bisa membawa petaka bagi siapapun yang melihatnya.

2. Leak

Makhluk mitologi asal Bali ini sudah sangat populer bahkan sudah banyak dikenal wisatawan luar. Leak merupakan makhluk mitos dalam budaya Bali yang dipercaya bisa bermetamorfosis menjadi sosok cantik di siang hari.

Namun, ia akan berubah menjadi sosok menakutkan ketika malam hari. Penduduk percaya bahwa leak biasanya mengganggu manusia.

BACA JUGA: Mitos Jembatan Jawa Bali Tidak Bisa Dibangun, Ada Legenda Suci yang Dikhawatirkan Muncul

Sumber: