Penyembelih Hewan Kurban di Kabupaten Tegal Disarankan Tutup Aurat, Ternyata Ini Alasannya

Penyembelih Hewan Kurban di Kabupaten Tegal Disarankan Tutup Aurat, Ternyata Ini Alasannya

BIMTEK - Ketua DPW Juleha Jateng Eri Gunarto didampingi Ketua DPD Juleha Tegal Isa Herdiansyah di sela-sela bimtek bagi penyembelih hewan kurban di Kabupaten Tegal di Kantor Kemenag Kabupaten Tegal, Selasa, 4 Juni 2024.-Yeri Noveli-Radartegal.disway.id

Sementara, Ketua DPD Juhela Tegal Isa Herdiansyah menjelaskan, bimtek bagi para penyembelih hewan kurban ini merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahun.

Kali ini, jumlah peserta sebanyak 27 orang. Mereka berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Tegal. 

Bimtek dan pelatihan Juleha ini akan digelar selama 2 hari. Mulai dari materi hingga praktik menyembelih yang rencananya akan dilakukan tengah malam.

BACA JUGA: 5 Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik dan Berkualitas Sesuai Syariat Islam

BACA JUGA: Jelang Idul Adha, Pemkab Brebes Cek Stok Hewan Kurban

Setelah mengikuti bimtek ini, para peserta juga akan mendapatkan sertifikat.

"Sertifikat ini bisa digunakan untuk pengajuan produk halal. Selain itu, juga bisa sebagai lampiran syarat keahlian saat akan bekerja di luar negeri," kata Isa, pemilik Rumah Pisau di Desa Karanganyar Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal.

Dia berpesan, para Juleha harus selalu menjaga ibadahnya. Saat menyembelih hewan juga harus punya adab, yakni memakai pakaian yang menutup aurat.

"Jadi, tidak sembarangan menjadi Juleha. Salat harus dijaga dan menutup aurat," pesannya.

BACA JUGA: Patungan Beli 2 Ekor Sapi, 2000 Perawat Kabupaten Tegal Kompak Salurkan Hewan Kurban

BACA JUGA: 8 Hati Sapi Kurban di Brebes Mengandung Parasit, DPKH Lakukan Penyitaan dan Pemusnahan

Dia menyebut, jumlah Juleha di Kabupaten Tegal yang tercatat resmi di DPD hanya 68 orang. Jumlah itu tentunya masih sangat kurang. 

Sejatinya, tiap desa memiliki satu orang Juleha. Sedangkan jumlah desa di Kabupaten Tegal sebanyak 281 desa dan 6 kelurahan.

"Masih kurang banyak. Oleh karena itu, kita menggelar pelatihan ini agar jumlah Juleha semakin banyak," tutupnya. 

Bimtek bagi penyembelih hewan kurban di Kabupaten Tegal ini dihadiri Pj Bupati Tegal diwakilkan Plt Staf Ahli Bupati Abdul Basit, perwakilan Kemenag Kabupaten Tegal Saefudin Juhri, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian diwakili Kepala UPTD RPH H Khaerudin, dan diikuti puluhan peserta dari Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, Kota Tegal, Klaten, Karanganyar dan beberapa kota lainnya.

Sumber: