8 Hati Sapi Kurban di Brebes Mengandung Parasit, DPKH Lakukan Penyitaan dan Pemusnahan

8 Hati Sapi Kurban di Brebes Mengandung Parasit, DPKH Lakukan Penyitaan dan Pemusnahan

Hewan kurban siap dipotong.-Syamsul Falaq-

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Delapan hati sapi kurban di BREBES terpaksa dimusnahkan karena dikatahui mengandung parasit atau cacing hati.

Temuan tersebut merupakan hasil pemeriksaan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH), terhadap hewan kurban sejak Kamis hingga Minggu, 29 Juni - 2 Juli 2023. 

Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan semua hewan kurban yang disembelih layak konsumsi dan tidak mengandung parasit atau cacing hati. 

Kepala DPKH Brebes Ismu Subroto mengungkapkan, selama pelaksanaan penyembelihan hewan kurban pengawasan dilaksanakan menyeluruh pada 17 kecamatan. 

BACA JUGA:2 Kepala Desa di Brebes Mengundurkan Diri, Camat Larangan Pimpin Sertijab Pj-nya

Hasilnya, dari laporan yang masuk tercatat delapan jeroan sapi kurban tak laik konsumsi. Sebab, terdapat parasit berupa cacing hati dengan kondisi berbahaya jika termakan manusia.

"Pengawasan jeroan kurban mengandung parasit, dua di Kecamatan Losari, lima di RPH dan satu di Kecamatan Jatibarang. Semuanya, disita untuk pemusnahan," terangnya saat dikonfirmasi Minggu 2 Juli 2023.

Pemusnahan delapan jeroan bercacing hati, lanjut Ismu, menggunakan teknik dibakar dalam insenerator. 

Tujuannya, agar semua kandungan parasit dan jeroan hewan kurban tak laik konsumsi bisa musnah. Sehingga, tak ada yang mengkonsumsi jeroan berparasit dari hewan kurban.

BACA JUGA:Sudah Terbangun, 31 Unit Rumah Panel di Kabupaten Brebes untuk Korban Banjir Bandang

Sementara itu, Kabid Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Budi Santosa menambahkan, berdasarkan data pengawasan penyembelihan hewan kurban tahun ini, hasilnya tak ada kambing maupun domba yang jeroannya mengandung parasit. 

Sedangkan, delapan sapi kurban bercacing hati sudah dilakukan pemusnahan.

"Sebarannya, satu sapi kurban di Desa Pekauman dan satu lainnya di Kecamatan Losari. Kemudian, lima dari 11 sapi yang disembelih di RPH Jatibarang, dan satu sapi di Kecamatan Jatibarang," pungkasnya. *

Sumber: