7 Mitologi di Indonesia yang Populer dan Sering Ada di Cerita Rakyat, Benarkah Ada?

7 Mitologi di Indonesia yang Populer dan Sering Ada di Cerita Rakyat, Benarkah Ada?

7 mitologi di Indonesia yang populer -freepik-

Mitologi di Indonesia yang populer lainnya yaitu dari suku Batak dengan cerita-cerita dewa-dewi, roh leluhur, serta makhluk gaib sejenisnya. Salah satu yang paling terkenal yaitu tentang Si Raja Batak, yang merupakan tokoh sentral dalam mitologi Batak.

BACA JUGA: 5 Mitos tentang Hewan Mitologi Kuda Sembrani, Sering Dianggap Mirip Pegasus dari Yunani

BACA JUGA: Misteri Kota Gaib Sigeseng Pemalang, Jejak Legenda yang Menyisakan Banyak Tanya

4. Mitologi Minangkabau 

Mitos terkenal di Indonesia selanjutnya yaitu dari Minangkabau. Adapun salah satunya yang paling sering terdengar, yaitu kisah Malin Kundang.

Diceritakan bahwa sosok Malin Kundang ini merupakan seorang pemuda yang durhaka pada ibu kandungnya. Atas kemurkaan sang ibu, akhirnya Malin Kundang dikutuk menjadi batu. 

5. Mitologi Bali 

Cerita mitologi terkenal di Indonesia satu ini datang dari Bali terutama bagi umat Hindunya. Mitologi Bali mencakup cerita-cerita tentang dewa-dewi Hindu, seperti Dewa Wisnu, Dewa Siwa, Dewi Saraswati, dan masih banyak lagi. 

Adapun salah satu cerita terkenal adalah kisah "Barong dan Rangda". Kedua makhluk mitologi Bali ini menggambarkan pertarungan antara kebaikan dan kejahatan.

BACA JUGA: 7 Makhluk Mitologi Jawa yang Dipercaya Nyata, Nomor 6 Bikin Resah Warga

BACA JUGA: Kisah Dibalik Gunung Bromo, Menyibak Cerita Roro Anteng dan Jaka Seger

6. Mitologi Nias 

Mitologi di Indonesia yang populer berikutnya yaitu dari Nias, yang juga tidak jauh dari cerita-cerita leluhur dan makhluk gaib. Di Nias, ada yang namanya tradisi seperti tari perang dan upacara adat yang memang berkaitan dengan kepercayaan turun temurun disana.

7. Mitologi Papua 

Sumber: