7 Mitologi di Indonesia yang Populer dan Sering Ada di Cerita Rakyat, Benarkah Ada?

7 Mitologi di Indonesia yang Populer dan Sering Ada di Cerita Rakyat, Benarkah Ada?

7 mitologi di Indonesia yang populer -freepik-

Radartegal.id – Ketahui sejumlah mitologi di Indonesia yang populer dan seringkali ada dalam cerita rakyat. Entah itu berupa sosok tertentu seperti manusia, dewa, sampai hewan mitologi.

Mitologi di Indonesia yang populer ini juga datang dari berbagai daerah dan sudah jadi warisan budaya penduduk setempat. Apalagi cerita-cerita soal mitologi ini sudah berlangsung dari generasi ke generasi.

Ditambah lagi mitologi di Indonesia yang populer tidak lepas dari hal-hal yang berbau gaib atau mistis. Bahkan beberapa di antaranya sudah jadi legenda yang dipercaya seluruh nusantara.

Berikut ini 7 mitologi di Indonesia yang populer dan sering ada di cerita-cerita rakyat. Mulai dari mitologi Jawa, Bali, dan beberapa daerah lainnya.

BACA JUGA: Mengenal Tiga Makhluk Mitologi dari Pulau Jawa, Nomor 2 Ada dalam Kisah Ramayana

BACA JUGA: 7 Mitos Kucing Warna Belang Tiga yang Sering Dikaitkan dengan Hal Spiritual, Percaya?

7 Mitologi di Indonesia yang populer

Indonesia memiliki banyak mitologi yang sekaligus menjadi warisan dari berbagai suku dan juga budaya. Berikut ini di antaranya.

1. Mitologi Jawa 

Pertama dari mitologi Jawa yang terkenal yaitu cerita-cerita pada dewa serta makhluk mistis. Salah satunya seperti cerita Ramayana dan Mahabharata yang menceritakan tentang sosok dewa dan pahlawan, seperti Rama, Sita, Arjuna, dan lainnya.

2. Mitologi Sunda 

Mitologi terkenal di Indonesia selanjutnya dari Sunda, yaitu tentang cerita dewa-dewi seperti Sanghyang Manikmaya, Batara Guru, dan Nyai Loro Kidul. Selain itu juga seringkali ada cerita tentang makhluk-makhluk mistis seperti genderuwo, kuntilanak, dan sundel bolong.

3. Mitologi Batak 

Sumber: