Hari Jadi Kabupaten Tegal ke-423, 141 Anak Ikuti Khitanan Massal Gratis

Hari Jadi Kabupaten Tegal ke-423, 141 Anak Ikuti Khitanan Massal Gratis

GRATIS- Memperingati Hari Jadi Kabupaten Tegal ke-423, sebanyak 141 anak mengikuti khitanan massal gratis.-Istimewa-Radartegal.disway.id

SLAWI, radartegal.id – Memperingati Hari Jadi Kabupaten Tegal ke-423, sebanyak 141 anak mengikuti khitanan massal gratis. Kegiatan bakti sosial tersebut diselenggarakan Pemkab Tegal, Selasa, 28 Mei 2024 pagi.

Kegiatan khitanan massal gratis ini berlangsung sejak pagi hingga siang di Pendopo Amangkurat. Ditemui usai mendampingi putranya yang dikhitan, Puji, 39 tahun, warga Desa Trayeman mengaku senang melihat putranya telah dikhitan. 

Tidak hanya mendapatkan layanan khitanan massal gratis, putranya juga mendapat bingkisan baju muslim, sarung dan uang saku dari pendanaan APBD Kabupaten Tegal 2024.

“Saya terharu dan senang. Terima kasih saya sampaikan kepada pemerintah dan semoga khitanan massal ini terus menjadi agenda tahunan di Kabupaten Tegal karena sangat membantu meringankan ekonomi keluarga kurang mampu,” ucapnya.

BACA JUGA: Momen Hari Jadi Bertepatan dengan Tahun Politik, Ketua DPRD Kabupaten Tegal Bilang Begini

BACA JUGA: Ketua DPRD Kabupaten Tegal Terima Kirab Pataka Hari Jadi ke-423

Secara terpisah, tenaga kesehatan Yudi Atmaka mengungkapkan layanan kesehatan pasca khitan akan difasilitasi gratis oleh masing-masing puskesmas terdekat.

Di tempat yang sama juga berlangsung penyaluran bantuan sosial paket sembako dari Kementerian Sosial RI untuk 41 warga penyandang disabilitas . Salain itu juga disalurkan 215 paket bantuan dari pendanaan APBD Kabupaten Tegal 2024 berupa sembako sebanyak 90 paket, sandang 75 paket dan beras 50 paket untuk warga lansia, anak terlantar dan penyandang disabilitas.

Adapun rangkaian kegiatan bakti sosial lainnya pada peringatan Hari Jadi ke-423 Kabupaten Tegal ini antara lain sedekah tanaman, layanan program KB, pembagian bibit ikan, operasi katarak, operasi bibir sumbing dan pemberian alat bantu dengar. Khusus pemberian alat bantu dengar dan bantuan jaminan hidup bagi lansia akan dilaksanakan pada 31 Mei 2024 bersamaan dengan kegiatan operasi bibir sumbing. 

Terkait kegiatan khitanan massal gratis ini, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Tegal Suspriyanti menyampaikan apresiasinya kepada panitia penyelenggara dan tim medis. Menurutnya ini merupakan perwujudan sikap peduli sosial tenaga kesehatan bersama pemerintah daerah kepada sesama, sekaligus perwujudan nilai-nilai kegotongroyongan.

BACA JUGA: Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Tegal ke-423, Pj Bupati Serahkan Tombak Kyai Plered ke Keluarga Kalisoka

BACA JUGA: Warga Berebut Gunungan Hasil Bumi dalam Kirab Pataka Hari Jadi Kabupaten Tegal

Semangat kegotongroyongan inilah harus terus dibangun, dipupuk dan dibina bersama sebagai modal sosial pembangunan yang bermanfaat untuk kepentingan masa sekarang dan masa yang akan datang.

Sumber: